Khasiat Kurma Ajwa, Favorit Nabi Muhammad SAW

0
T MauTips.com, Jakarta. Di bulan Ramadhan terasa kurang lengkap rasanya tanpa kurma sebagai makanan sahur atau buka puasa. Di Indonesia, ada beberapa jenis kurma yang terkenal. Diantaranya kurma medjool, sukari, dan ajwa. Kurma ajwa adalah kurma favorit Nabi Muhammad SAW. Di balik rasanya yang manis enak, kurma ini menyimpan sejuta manfaat sehat. Untuk kurma ajwa termasuk kurma premium yang harganya mahal. Tampilannya juga sedikit berbeda dengan kurma pada umumnya. Menilik sejarahnya, konon pohon kurma ajwa dulunya ada yang ditanam sendiri oleh Nabi Muhammad SAW. Tak heran kalau kurma ini juga dikenal dengan nama lain kurma nabi.

Berikut beberapa fakta menarik soal kurma ajwa.

Kurma ajwa asli Madinah
Kurma ajwa adalah jenis kurma yang tumbuh di Madinah. Ibnu Munzir dalam bukunya Lisan al-Arab menyebut kurma ajwa merujuk pada jenis kurma yang berasal dari pohon yang ditanam langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Pohon kurma ajwa adalah salah satu pohon paling kuno di dunia. Pohon ini bisa tumbuh sampai 30 cm setiap tahunnya.

Cita rasa kurma ajwa
Kurma ajwa memiliki tekstur daging buah yang lebih tebal dan kenyal. Untuk rasa manisnya juga sedikit berbeda. Ada sentuhan rasa karamel, madu, dan kayu manis. Di Indonesia, kurma ajwa ditawarkan dengan harga bervariasi. Di situs marketplace, harganya mulai dari Rp 120 ribuan per kilo gram. Harga ini bisa lebih mahal lagi tergantung mereknya.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Tulisan Unik di WhatsApp

Nutrisi kurma ajwa
Meski bentuknya mungil, kurma ajwa mengandung nutrisi besar. Di dalam satu butir kurma terkandung protein, karbohidrat, serat pangan, dan lemak sehat. Ada juga vitamin A, B6, C, E dan K. Juga folat, niacin, thiamine, dan riboflavin yang semuanya baik untuk kesehatan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply