Makanan Pantangan Saat Sahur Agar Tak Haus dan Ngantuk

0
Jika ingin tetap segar dan fit selama berpuasa, jangan lupa untuk selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Beberapa makanan bisa jadi berdampak buruk bagi puasa yang dijalani sehingga membuat lemah dan lesu saat menjalaninya. Agar tetap segar dan fit selama berpuasa, sebaiknya menghindari beberapa makanan dan minuman dalam kemasan.

Minuman bersoda, minuman buah, atau bahkan susu sebaiknya dihindari. Minuman ini umumnya mengandung natrium yang dapat membuat mudah haus saat berpuasa. Sebaiknya memilih air putih atau susu rendah lemak untuk berbuka. Salah memilih menu makanan saat sahur bisa menyebabkan cepat haus.

Mengantuk dan lemas saat menjalankan ibadah puasa di siang hari. Karena itu, ada makanan yang dianjurkan dan sebaiknya dihindari saat sahur. Disarankan untuk memilih menu sehat saat sahur.

Menu sahur sehat yang dimaksud adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak, sayur dan buah. Contoh karbohidrat kompleks adalah nasi merah, nasi hitam, dan kentang yang direbus dengan kulitnya. Protein bisa diperoleh dari ikan, daging ayam, dan putih telur. Jangan lupa mengonsumsi sayur dan buah yang juga mengandung serat tinggi.

Makanan Pantangan Saat Sahur Agar Tak Haus dan Ngantuk

Selain itu, cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih tiga hingga empat gelas saat sahur. dr Samuel menekankan untuk tidak mengonsumsi minuman manis terlalu banyak, karena bisa menyebabkan ‘kecelakaan energi’, yaitu gula darah naik dengan cepat dan turun dengan cepat pula, yang menyebabkan orang mengantuk dan lemas di siang hari. Makanan yang digoreng dan banyak mengandung bumbu penyedap bisa menyebabkan kehausan saat berpuasa. Selain itu sebaiknya juga hindari makanan dan minuman yang banyak mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan cokelat.

Makanan Pantangan Saat Sahur Agar Tak Haus dan Ngantuk

Kafein bersifat diuretik pada tubuh yang bisa meningkatkan kebutuhan untuk buang air kecil. Terutama jika cuaca panas, hindari meminum air es pada saat berbuka atau sahur. Hal ini dapat membuat gangguan atau sakit pada perut. Makanan pedas dapat menyebabkan sakit perut. Selain itu makanan pedas dan berminyak juga memicu terjadinya panas dalam yang dapat membuat puasa menjadi tidak nyaman.

Baca Juga: Alasan Kenapa Wanita Harus Minum Teh Hijau

Sebagian orang yang menjalankan ibadah puasa biasanya akan terasa lemas, capek dan tidak bergairah. Namun dengan melakukan puasa tubuh dilatih untuk tidak mengonsumsi makanan yang berlebihan. Banyak manfaat untuk tubuh saat menjalani puasa.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply