Minum 3 Cangkir Kopi Tiap Hari Membuat Tubuh Semakin Sehat

0
Kopi adalah minuman paling kontroversial di dunia. Banyak orang yang menggilainya tetapi banyak juga yang menghindarinya. Penyanyi sekaligus penulis, Dewi Lestari menulis cerpen dengan judul Filosofi Kopi sekaligus dijadikan judul buku kumpulan cerpennya. Karya tersebut merupakan sedikit contoh kegandrungan orang terhadap kopi.

Bahan minuman yang konon sudah dikonsumsi masyarakat Ethiopia sejak abad ke-9 ini dianggap membawa dampak buruk bagi kesehatan. Karena kandungan kafeinnya berbahaya bagi penderita penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Tapi beberapa penelitian malah menunjukkan bahwa kopi, selain nikmat, bisa membuat tubuh semakin sehat. Sebuah penelitian terakhir justru merekomendasikan konsumsi kopi minimal 3 cangkir sehari.

Laporan rekomendasi ini menunjukkan manfaat kesehatan dan risiko minimal dengan minum 3-5 cangkir kopi per hari. Termasuk berkurangnya risiko diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular. Kopi mempunyai banyak manfaat kesehatan. Terutama jika diminum lebih dari 2 cangkir per hari. Peneliti juga mengingatkan akan adanya penambahan gula.

Minum 3 Cangkir Kopi Tiap Hari Membuat Tubuh Semakin Sehat

Krim dan susu pada kopi yang justru akan mengurangi manfaat kopi murni. Konsumsi kopi juga berkaitan dengan pelestarian lingkungan dan ketersediaan kopi di pasaran. Kelebihan minum 3 cangkir kopi setiap hari adalah, konsumsi kopi tanpa gula bisa mencegah diabetes tipe 2. Kopi membantu melindungi lever, terutama dari penyakit sirosis hati dan kanker lever. Kebiasaan ngopi juga menurunkan risiko asam urat pada pria berusia lebih dari 40 tahun. Kopi membantu menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Minum kopi juga meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi. Senyawa dalam kopi bisa dipakai untuk membuat obat baru untuk mengobati penyakit jantung dan insomnia. Kafein dalam kopi juga meningkatkan efektivitas obat pereda nyeri.

Minum 3 Cangkir Kopi Tiap Hari Membuat Tubuh Semakin Sehat

Selain teh, kopi merupakan minuman yang populer untuk dijadikan sebagai menu sarapan. Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan hormon adrenal di dalam tubuh sehingga menjadi lebih berenergi dan lebih mudah fokus. Apabila hendak menambahkan gula di dalam kopi, gunakan gula alami. Pastikan bahwa kopi yang diminum terbuat dari biji kopi alami dan organik.

Baca Juga: Foto Olga Syahputra Meninggal Dunia di Rumah Sakit Singapura

Sebab biji kopi tersebut lebih sehat dan juga berkualitas sehingga kopi yang Anda minum pun lebih sehat. Dapat ditambahkan kayu manis di dalam kopi yang akan diminum. Sebab selain memberikan rasa yang unik, kayu manis dapat menurunkan trigliserida penyebab kolesterol.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply