Optimalkan Puasa Dengan Pola Minum Air Putih Menyehatkan

0
Bulan Ramadhan telah tiba dan menghadirkan rutinitas baru yang membuat tubuh perlu perhatian ekstra. Agar bisa menjalankan aktivitas padat dengan lancar selama puasa, membutuhkan rutinitas baru untuk menunjang tubuh segar sepanjang hari. Selain asupan nutrisi, kebutuhan cairan dalam tubuh tidak boleh diremehkan.

Terpenuhinya kebutuhan air dalam tubuh berguna untuk meningkatkan fungsi tubuh, salah satunya menyalurkan nutrisi dengan optimal. Saat puasa jika tidak mengatur pola minum dengan baik, tubuh bisa kekurangan cairan dan mengakibatkan dehidrasi.

Tidak hanya mengganggu aktivitas saja, namun ibadah selama bulan puasa juga dapat terhambat. Melalui pola minum yang menyehatkan masyarakat dihimbau untuk tetap mengatur konsumsi air putih yang sudah dianjurkan, yakni 8 gelas per hari.

Selama berpuasa, tubuh tetap memerlukan kebutuhan cairan minimal 2 liter atau 8 gelas air. Jika tidak dipenuhi, tubuh akan rentan terkena dehidrasi. Saat bulan puasa dianjurkan meminum 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur dan 2 gelas saat sahur. Kini kebutuhan cairan tubuh minimal 8 gelas per hari dapat tercukupi walaupun sedang berpuasa.

Optimalkan Puasa Dengan Pola Minum Air Putih Menyehatkan

Untuk mengetahui apakah tubuh cukup hidrasi bisa dilihat dari warna urin. Jika warna urin terlihat cerah, berarti tubuh cukup terhidrasi. Namun, jika warna urin pekat berarti tubuh mulai mengalami dehidrasi. Pentingnya mengatur pola minum air putih saat puasa karena masyarakat terbiasa berbuka dengan yang manis sehingga melupakan konsumsi air putih. Padahal, jika tubuh terlalu banyak mengonsumsi minuman manis akan menimbun kalori berupa lemak. Air putih adalah cairan yang paling alami untuk memberikan hidrasi pada tubuh karena tidak mengandung pemanis, pengawet dan pewarna.

Optimalkan Puasa Dengan Pola Minum yang Menyehatkan

Minum air putih yang cukup akan membantu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh secara optimal saat menjalankan ibadah puasa. Mengingat pentingnya kebutuhan cairan tubuh selama bulan puasa, jangan lewatkan pola minum yang akan membantu tubuh tetap terhidrasi selama bulan puasa. Dengan 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur dan 2 gelas saat sahur.

Baca Juga: Beberapa Makanan Lezat Pendukung Senyum Sehat

Air putih merupakan salah satu minuman segar dan sangat menyehatkan bagi seluruh anggota tubuh. Tak bisa di bayangkan, jika tubuh kekurangan cairan atau air putih dalam jangka waktu yang relatif lama. Haus merupakan salah satu respon tubuh yang membutuhkan asupan cairan dalam waktu segera.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply