Pentingnya Sarapan Teratur Sehatkan Anak

0
Pola makan yang sehat harus diterapkan sejak anak-anak. Berikan anak gizi seimbang dan makan yang teratur guna mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Dengan gizi seimbang berarti memperhatikan porsi makannya. Untuk sarapan anak, berikan mereka tiga kali makan berat yang mengandung karbohidrat, protein, hingga vitamin dan mineral.

Misalnya, pukul 07.00 pagi berikan sarapan sepertiga protein, sepertiga karbohidrat, dan sepertiga sayuran. Anak-anak juga harus dikenalkan dengan buah-buahan dan sayuran. Makanan kaya vitamin dan mineral ini juga dapat diberikan kepada anak sebagai camilan sebelum makan siang atau malam.

Pukul 10.00 pagi atau 16.00 sore harus makan buah dan sayur lagi supaya masuk asupan gizinya dan metabolismenya baik. Pola makan yang sehat dapat menjadikan tumbuh kembang anak optimal.

Pertumbuhan yang baik tidak hanya terjadi pada fisik anak, tetapi juga fungsi organnya. Jika anak dibiarkan makan tidak teratur dan tidak bergizi seimbang salah satu risikonya adalah anak mengalami obesitas. Dampak panjang saat dewasa nanti banyak masyarakat yang lebih cepat terkena penyakit seperti stroke, jantung, dan diabetes.

Pentingnya Sarapan Teratur Sehatkan Anak

Asupan gizi yang baik sejak 1000 hari pertama kehidupan dan masa pertumbuhan, dipercaya dapat memberikan masa depan anak yang lebih baik. Sejumlah penelitian mengungkapkan gizi yang baik sejak dalam kandungan dapat membuat anak menjadi sehat dan cerdas. Banyak anak-anak saat ini yang melewatkan sarapan, misalnya karena teburu-buru berangkat ke sekolah. Padahal makan pada pagi hari adalah bagian penting yang tak boleh dilewatkan oleh anak sebelum beraktivitas. Sarapan menyuplai 20 sampai 25 persen dari total keseluruhan energi yang dibutuhkan setiap hari. Sarapan dapat membentuk perilaku hidup sehat pada anak-anak. Sarapan juga dapat menghindari anak dari sindrom lethargy, seperti lesu, lemas, tidak bertenaga, malas, dan mengantuk.

Pentingnya Sarapan Teratur Sehatkan Anak

Namun, tidak asal sarapan, anak-anak juga perlu yang bernutrisi. Sarapan yang baik bagi anak-anak, yaitu mengandung karbohiodrat seperti nasi atau roti, serat yang terdapat dalam sayuran dan buah, serta protein seperti pada susu dan keju. Selain itu, anak-anak butuh vitamin dan mineral lain untuk pertumbuhannya.Kombinasi jenis makanan tersebut, akan menghasilkan makanan dengan indeks glikemik rendah dan tinggi protein.

Baca Juga: Pilihan Olahraga Terbaik untuk Wanita Hamil

Kalau rendah glikemik, anak tidak cepat lapar. Sayangnya kesadaran pentingnya sarapan masih sangat rendah. Hal ini seharusnya menjadi perhatian para orangtua. Jika orang tua mengharapkan prestasi anak bagus dan aktif berikan anak sarapan.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply