Penyakit Penyerta Penyebab Kematian Pasien Covid-19

0
P MauTips.com, Jakarta. Penyakit penyerta pada Covid-19 adalah penyakit lain yang sudah dimiliki oleh seorang pasien sebelum terinfeksi virus corona. Pasien positif terinfeksi virus corona (Covid-19) dapat memiliki gejala yang parah dan memberatkan jika mempunyai komorbid atau penyakit penyerta. Terdapat beberapa penyakit penyerta yang bisa menyebabkan kematian pada pasien Covid-19. Penyakit penyerta memperburuk perjalanan klinis Covid-19 karena imunnya lebih rendah. Apalagi jika faktor komorbid itu tidak terkontrol dengan baik.

Berikut 5 penyakit penyerta yang dapat memperparah hingga menyebabkan kematian pada pasien Covid-19.

1. Hipertensi
Hipertensi merupakan kondisi tekanan darah tinggi pada jantung dan dinding pembuluh darah di seluruh tubuh. Seseorang didiagnosis memiliki hipertensi jika pengukuran tekanan darah berada di atas 140/90 mmHg. Tekanan darah yang mengalir di seluruh tubuh dapat merusak organ dengan cepat, apalagi bila disertai dengan COvid-19. Kasus di Italia menunjukkan lebih dari 75 persen pasien Covid-19 yang meninggal dunia memiliki hipertensi.

2. Diabetes
Seperti hipertensi, diabetes juga merupakan penyakit kronis yang terjadi pada seluruh tubuh. Diabetes ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Kondisi ini perlahan dapat merusak jantung, pembuluh darah, ginjal, hingga mata. Infeksi Covid-19 bakal mempercepat kerusakan organ pada penderita diabetes. Lebih dari 35 persen pasien Covid-19 yang meninggal dunia di Italia disebabkan oleh diabetes.

3. Penyakit paru-paru
Penyakit penyerta yang berhubungan dengan kerusakan paru-paru dan saluran pernapasan juga memperparah Covid-19. Penyakit yang berhubungan dengan paru-paru diantaranya adalah paru-paru obstruktif kronis (PPOK), asma, dan tuberkulosis (TBC). Covid-19 juga merusak paru-paru. Paru-paru yang rusak membuat organ tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup sehingga memicu kerusakan organ yang dapat menyebabkan kematian.

4. Penyakit jantung
Penyakit kardiovaskular atau yang berkenaan dengan jantung dan kardiovaskular juga menjadi penyakit penyerta yang memberatkan Covid-19. Sistem imun yang melemah dapat membuat kerusakan semakin meradang yang berujung pada serangan jantung, stroke, dan kematian.

Baca Juga: Beda Demam Karena Covid-19 dan DBD

5. Demam Berdarah Dengue (DBD)
Di situasi pancaroba, penyakit DBD juga dapat memperparah Covid-19. Selain itu, patut diwaspadai pula sebab gejala Covid-19 dapat menyerupai penyakit DBD. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply