Penyebab Batuk Kering di Malam Hari Yang Ganggu Tidur

0
P MauTips.com, Jakarta. Belakangan ini batuk menjadi suatu penyakit yang membuat khawatir. Ini karena menurut World Health Organization, batuk menjadi salah satu gejala dari mulai menyerangnya virus corona baru atau Covid-19 ke dalam tubuh manusia atau inangnya. Sebanyak 67,7% penderita Covid-19 terbukti memiliki gejala batuk kering.

Batuk kering merupakan jenis batuk yang tidak memproduksi dahak atau lendir. Penyebab jenis batuk ini banyak, mulai dari debu, alergi terhadap sesuatu, kondisi penyakit penyerta seperti asma dan maag yang juga diidap seseorang, sampai memang adanya infeksi virus yang masuk ke dalam tubuh. Umumnya penyakit batuk tidak terlalu dipandang sebagai suatu penyakit yang mesti diwaspadai. Apalagi, jenis penyakit terbilang bisa sembuh sendiri dalam waktu relatif singkat. Caranya cukup dengan menambah porsi beristirahat serta menjauhi penyebab batuk.
Banyaknya penyebab dari batuk kering membuat Anda sebaiknya tidak terburu-buru khawatir ketika mengalami atau mendapati ada anggota keluarga yang mengalami gejala batuk kering. Sangat mungkin terjadi, batuk kering yang dialami hanyalah reaksi alami tubuh yang sedang memberi tahu sedang ada yang kurang beres dalam tubuh Anda.

Beberapa orang mungkin sering batuk kering di malam hari. Ada beberapa penyebab batuk kering di malam hari. Pilek dan flu menyebabkan tubuh memproduksi lendir berlebih. Saat Anda berbaring, lendir itu bisa menetes ke bagian belakang tenggorokan dan memicu refleks untuk batuk. Batuk yang mengeluarkan lendir dikenal sebagai batuk “produktif” atau basah. Batuk yang tidak mengeluarkan lendir dikenal sebagai batuk “tidak produktif” atau kering. Batuk di malam hari bisa mengganggu tidur Anda.

Berikut beberapa penyebab batuk kering di malam hari.

Infeksi virus
Kebanyakan batuk kering adalah akibat dari infeksi seperti pilek dan flu. Ketika gejala pilek dan flu mengiritasi saluran napas bagian atas, perlu beberapa waktu agar kerusakan itu sembuh. Meskipun saluran udara Anda mentah dan sensitif, hampir semua hal dapat memicu batuk. Tenggorokan terasa paling kering terutama pada malam hari.

Asma
Asma adalah suatu kondisi yang menyebabkan saluran udara membengkak dan menyempit, sehingga sulit untuk bernapas. Batuk kronis adalah gejala umum. Batuk asma bisa produktif atau tidak produktif. Batuk sering memburuk pada malam hari dan dini hari.

Gerd
Mengutip Healthline, penyebab batuk kering di malam hari juga karena Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah jenis refluks asam kronis. Itu terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan. Asam lambung dapat mengiritasi kerongkongan dan memicu refleks batuk.

Baca Juga: Tips Membuat Perut Bebas Buncit

Postnasal drip
Postnasal drip biasanya terjadi ketika tubuh Anda memproduksi lebih banyak lendir dari biasanya. Ini bisa terjadi ketika Anda sedang pilek, flu, atau alergi. Saat lendir menetes ke bagian belakang tenggorokan Anda, itu dapat memicu refleks batuk dan jadi penyebab batuk kering di malam hari. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply