Penyebab Mata Sering Gatal dan Merah

0
Jika mengalami mata sering gatal, jangan mengabaikannya karena bisa menjadi gejala dari masalah mata yang parah. Karena warna merah dan rasa gatal di mata bisa disebabkan berbagai hal. Alergi mata bisa menjadi semakin buruk akibat pemanasan global dan perubahan iklim. Sebab suhu yang semakin hangat bisa menyebabkan penyebaran serbuk sari semakin banyak jumlahnya.

Mata merah dan gatal biasanya diakibatkan oleh masuknya kotoran seperti debu kedalam mata kemudian kita coba untuk menguceknya. Selain itu, terlalu lama didepan komputer juga bisa menyebabkan mata merah. Paparan sinar matahari dan debu adalah penyebab umum dari gatal dan mata merah.

Konjungtivitis, peradangan pada konjungtiva atau selaput luar mata disebut dengan konjungtivitis. Konjungtivitis disebabkan karena infeksi virus atau bakteri dan hal ini dapat menular dengan mudah dari satu orang ke orang lain.

Kemerahan, gatal, mata berair adalah gejala umum dari konjungtivitis. Alergi yang disebabkan karena alergen udara adalah salah satu penyebab umum mata gatal. Alergi mata bisa disebabkan karena berbagai penyebab seperti paparan debu, jamur, udara kering, dan gas beracun. Ketegangan pada otot mata juga merupakan salah satu kondisi yang menyebabkan mata gatal, mata merah dan mata kering.

Penyebab Mata Sering Gatal dan Merah

Glaukoma merupakan salah satu penyebab paling parah, gatal, mata merah dan kering juga menjadi salah satu penyebab utama kebutaan pada orang. Penyakit ini disebabkan karena peningkatan tekanan dalam bola mata, yang menyebabkan kerusakan pada saraf optik. Penglihatan kabur dan mata merah adalah gejala glaukoma.

Penyebab Mata Sering Gatal dan Merah

Jika kondisi ini tidak diobati untuk waktu yang lama maka dapat menyebabkan kebutaan permanen. Beberapa cara mengobati mata merah dan gatal dengan berhenti menggosok mata gatal. Menggosok mata bisa mendorong alergen atau bakteri masuk lebih dalam sehingga malah meningkatkan rasa mata gatal.Cuci mata dengan air mawar. Ini merupakan salah satu cara pengobatan praktis yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Cuci mata setiap hari menggunakan air mawar untuk memberikan efek rasa dingin dan menenangkan pada mata. Untuk mengobati mata gatal, coba letakkan irisan ketimun dingin di atas mata. Irisan ketimun dingin memberikan rasa dingin dan membuat mata lebih rileks. Ketimun mengandung anti iritasi yang sifatnya mengurangi peradangan, bengkak dan iritasi pada mata.

Share.

About Author

Leave A Reply