Pilih Lebih Baik Mana, Olahraga Pagi atau Sore?

0
P MauTips.com, Jakarta. Tidak peduli itu dilakukan pagi atau sore hari, olahraga teratur adalah hal yang penting dilakukan. Anda hanya perlu beradaptasi dan memilih gerakan olahraga yang paling cocok dilakukan saat pagi atau sore hari. Olahraga menjadi rutinitas yang disarankan untuk dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Kebanyakan orang memilih berolahraga di pagi hari sebelum memulai rutinitas harian.

Meski demikian ada juga yang justru memilih berolahraga di sore hari saat rutinitas harian selesai dilakukan Ternyata, waktu olahraga yang Anda pilih memiliki manfaat kesehatan yang berbeda. Sebuah studi yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan olahraga yang dilakukan pagi hari memang bisa menghilangkan lemak tubuh, sementara olahraga di sore hari memiliki manfaat berbeda yakni untuk mengontrol gula darah. Para peneliti melibatkan tikus sebagai objek penelitian. Tikus tersebut diatur sedemikian rupa agar melakukan olahraga rutin yakni jogging setiap pagi, sementara tikus lainnya berolahraga di sore hari. Seiring waktu, terjadi perubahan substansial pada hewan pengerat ini.Meskipun penelitian ini menggunakan hewan sebagai objek, temuannya kemungkinan memiliki relevansi bagi manusia yang bertanya-tanya apakah lebih baik berolahraga sebelum bekerja, atau olahraga setelah jam kerja.

Sebuah penelitian kecil yang dilakukan pada 2019 lalu melibatkan pria yang mengikuti program olahraga untuk menurunkan berat badan. Dari hasil penelitian kecil itu juga terlihat, mereka yang berolahraga di pagi hari menurunkan berat badan lebih banyak daripada mereka yang berolahraga di sore hari. Meskipun belum bisa dipastikan secara detail pengaruh olahraga pagi atau sore hari pada manusia untuk kesehatan tubuh, Profesor kedokteran dan endokrinologi di University of Minnesota yang tidak terlibat dalam penelitian ini mengatakan rutinitas olahraga tetap penting dilakukan, terlepas pagi atau sore hari.

Baca Juga: Penyebab Batuk Kering di Malam Hari Yang Ganggu Tidur

Waktu terbaik bagi orang untuk berolahraga adalah kapan pun mereka bisa mendapatkan kesempatan untuk berolahraga. Apalagi semakin banyak bukti menunjukkan bahwa olahraga berkontribusi untuk mencegah perubahan patologis, mengobati berbagai penyakit kronis, dan mengurangi rasio mortalitas dan morbiditas. Bukti ilmiah juga menunjukkan bahwa olahraga memainkan peran kunci dalam meningkatkan komponen kebugaran fisik yang berhubungan dengan kesehatan dan fungsi hormon. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply