Rajin Berolahraga Ibu Hamil Dapat Terhindar dari Operasi Caesar

0
Banyak orang khususnya perempuan beranggapan bahwa melahirkan secara caesar dapat menghindarkan dari rasa sakit dan kesulitan bersalin. Padahal, apabila anda mengetahui bahwa Operasi Caesar pada wanita mengandung risiko lebih tinggi dibandingkan melahirkan secara alami, pasti akan berfikir dua kali. Sebuah penelitian yang dilakukan selama lima tahun di Perancis.

Mengungkapkan bahwa tingkat kematian ibu yang melahirkan secara caesar tiga kali lebih banyak apabila dibandingkan dengan ibu yang melahirkan normal. Akibat Kematian tersebut adalah karena komplikasi pembedahan berupa penggumpalan darah (trombosis), infeksi, dan komplikasi anestesi.

Selama ibu dan bayi sehat, maka ibu berpeluang besar untuk melahirkan secara alami. Untuk itu sebaiknya memperbanyak konsumsi karbohidrat untuk mendapatkan energi yang cukup, terutama selama dua minggu sebelum perkiraan hari melahirkan.

Saat hamil sebaiknya jangan berbaring terus di tempat tidur. Dengan tetap aktif selama hamil, ternyata akan mempermudah proses persalinan, karena akan lebih baik dalam menghadapi atau kontrol diri saat melahirkan. Perempuan yang diizinkan tetap makan dan minum sebelum waktu melahirkan, akan lebih cepat melahirkan bayi dengan nilai Apgar yang tinggi.

Rajin Berolahraga Ibu Hamil Dapat Terhindar dari Operasi Caesar

Mengalami masalah metabolic dan gula darah lebih sedikit, bahkan memerlukan lebih sedikit obat pereda nyeri. Carilah dokter dan rumah sakit dengan tingkat Operasi Caesar yang rendah. Ada dokter yang selalu bersemangat mendukung pasien untuk melahirkan secara normal, namun banyak pula Dokter yang dengan cepat menyarankan operasi caesar. Pola hidup sehat dan beraktivitas normal akan mengurangi resiko operasi caesar pada wanita. Bagi ibu hamil yang menginginkan kelahiran tanpa melalui operasi cesar disarankan untuk rutin melakukan olahraga. Olahraga cukup baik untuk mencegah kelaiharan dengan cesar.

Rajin Berolahraga Ibu Hamil Dapat Terhindar dari Operasi Caesar

Di samping itu, ibu hamil akan menurun kemungkinan mengalami obesitas pasca kelahiran dengan peluang hingga tiga kali lipat. Wanita hamil yang aktif berolahraga memiliki penurunan risiko hingga 31 persen terhadap kemungkinan bayi menjadi obesitas saat dewasa. Risiko melahirkan secara cesar juga menurun. Selain itu, risiko mereka untuk harus melahirkan dengan operasi caesar juga berkurang 20 persen.

Baca Juga: Latihan Sederhana Untuk Mengencangkan Payudara

Ibu hamil sebaiknya melakukan persiapan untu menghadapi datangnya masa persalinan. Persiapan in mesti matang dan meliputi fisik, mental, hingga gizi dari makanan yang dikonsumsi. Semua mesti seimbang dan selaras sehingga dapat menunjang ibu hamil di kala saat melahirkan atau setelahnya.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply