Tanda Butuh Waktu Tidur Lebih, Selain Mengantuk Parah

0
T MauTips.com, Jakarta. Kebutuhan tidur yang cukup setiap harinya, seperti yang telah kita ketahui bisa memberi banyak manfaat. Salah satunya jadi tidak terus menguap dan mengantuk seharian. Dan dampaknya buat kesehatan pun juga ada. Di antaranya jadi tidak mudah stres, lelah, serta terhindar dari masalah mental. Memang dalam beberapa waktu kita sering dibuat tidur, dan berusaha merasa baik-baik saja keesokan harinya. Padahal tubuh tetap saja memberi sinyal sebaliknya.

Berikut beberapa tanda kalau butuh tidur.

Gampang Tidur
Tidur cepat tiap malam memang jadi suatu keberuntungan tersendiri. Artinya nggak tergolong orang-orang yang susah buat tidur, padahal besoknya aktivitas sudah padat lagi. Tetapi jika baru menyentuh bantal saja auto tidur alias cepat banget, maka merupakan ‘sebuah sinyal’ alias red flag dari kurang tidur yang kronik dan faktor kelelahan.
Biasanya orang akan terlelap begitu 10-20 menit bersiap buat tidur, dan bila 30 menit atau lebih belum juga terlelap juga pertanda bahwa nggak dapat tidur yang cukup.

Gairah Seks yang Menurun
Bagi pasangan yang sudah menikah, kalau mendapati diri atau suami yang menurun gairah seksnya, bisa jadi karena faktor kurang tidur. Pasalnya tidur yang cukup berkontribusi untuk kehidupan seks yang baik.

Dehidrasi
Sebuah studi menemukan bahwa ada hubungan antara kurang tidur dengan tingginya risiko dehidrasi. Kemungkinannya adalah dari kerja hormon vasopressin yang tidak maksimal. Pasalnya saat tidur tubuh akan memproduksi hormon tersebut untuk mencegah dehidrasi.

Ngidam Junk Food
Ada pula kaitannya antara kurang tidur dengan kenaikan berat badan. Saat kurang tidur, tubuh memproduksi hormon ghrelin yakni sinyal nafsu makan, menghambat produksi hormon leptin yang memberi tahu tubuhmu bahwa sudah kenyang. Ketika kurang tidur cenderung makan camilan tidak sehat dan malas untuk bergerak atau berolahraga. Kombinasi ini pun tentu bisa merusak jadwal diet sehat.

Baca Juga: Obat Panas Dalam Yang Paling Ampuh

Merasa Cemas
Menurut penelitian, ada hubungan antara tidur dan kesehatan mental. Ketika merasa cemas maupun depresi, maka memang bisa memengaruhi jam tidur, dan dampaknya ketika kurang tidur maka itu bisa membuat merasa cemas dan stres. Bila ada beban berat yang lagi dirasakan, ada baiknya untuk segera menuntaskannya. Segera cari bantuan seperti psikolog dan psikiater untuk mengatasi permasalahan ini. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply