Tips Cara Mencegah Pikun Dini di Usia Muda

0
Demensia atau pikun merupakan suatu penyakit bukan proses perjalanan usia tua yang normal, sehingga sangat penting untuk diwaspadai. Oleh karena itu apabila masih muda pelupa, perlu segera dideteksi dini. Gejala Demensia awalnya tampak seperti gejala penuaan biasa, gejalanya menjadi memberat dari waktu ke waktu. Seperti lupa meletakkan barang, lupa nama anggota keluarga, lupa terhadap kejadian baru-baru ini.

Salah menentukan waktu, tanggal dan tempat, kesulitan berbicara, membaca, menulis dan melakukan perhitungan sederhana. Semua itu menyebabkan kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari, kadang disertai perubahan emosional dan perilaku seperti takut, cemas, bingung, curiga, tergantung pada orang lain atau menarik diri dari pergaulan.

Demensia atau pikun pada usia muda mulai sering ditemukan. Ada berbagai penyebab Demensia, penyebab Demensia paling banyak adalah penyakit Alzheimer atau penyakit medis yang mempengaruhi otak terutama memori atau daya ingat, kepribadian dan perilaku akibat berkurangnya masa otak yang tidak normal.

Penyebab Demensia lainnya adalah Diabetes mellitus, Stroke, pascacedera kepala, pascaradang otak, Epilepsi, tumor otak, penytakit Gondok, gagal ginjal, hipertensi, NAPZA dan lain-lain. Dengan deteksi dini Demensia, memungkinkan pengobatan dapat segera dimulai untuk memperlambat perkembangan gejala penyakit Demensia. Di samping itu juga bisa segera dilakukan stimulasi berupa stimulasi kognitif, stimulasi otak dan senam gerak latih otak.

Tips Cara Mencegah Pikun Dini di Usia Muda

Ketika usia masih baru di awal 20-an, mungkin akan merasa cemas jika ingatan tidak berfungsi dengan baik. Walaupun kegiatan sehari-hari sangat menyita waktu dan pikiran, namun mudah lupa di usia muda bukanlah hal yang normal terjadi. Gejala ini biasa disebut dalam dunia medis dengan Short Term Memory Lost atau Short Memory Syndrome (SMS). SMS membuat si penderita melupakan tindakan yang baru saja dilakukannya atau lupa pada suatu kejadian yang juga baru terjadi.

Tips Cara Mencegah Pikun Dini di Usia Muda

image source: http://meetdoctor.com

Kondisi orang dengan SMS bias disamakan dengan kepikunan yang terjadi pada orang lanjut usia. SMS disebabkan oleh adanya penurunan daya ingat sehingga penderita langsung menghilangkan rekam informasi yang diterima memori otak. Pencegahan dapat dilakukan dengan cara banyak mengonsumsi banyak asupan makanan yang bergizi dan memperbaiki pola makan.

Pola makan yang teratur dan menghindari makanan yang mengandung monosodium glutamate atau MSG adalah kunci yang akan membantu membersihkan aliran darah menuju otak yang sangat berperan penting terhadap kekuatan memori seseorang.

Share.

About Author

Leave A Reply