Tips Cegah Kacamata Berkabut Saat Pakai Masker

0
T MauTips.com, Jakarta. Pemerintah meminta seluruh masyarakat Indonesia menggunakan masker saat beraktivitas. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah menyerukan, agar setiap orang mengenakan masker wajah saat berada di luar rumah untuk mencegah penyebaran virus corona.

Namun, hal ini dapat menimbulkan masalah bagi orang-orang yang memakai kacamata. Sebab, hembusan napas yang keluar lewat bagian atas masker akan membuat lensa kacamata berembun, sehingga pemakainya sulit melihat. Masker wajah akan mengarahkan embusan napas yang bersuhu panas dan lembab ke lensa kacamata. Kondisi ini seperti saat kita masuk ke dalam rumah setelah terpapar hawa dingin di luar. Uap dalam napas kita mengembun pada lensa kacamata, dan tegangan permukaan menyebabkan tetesan itu bertahan di lensa. Meski kita menghapus tetesan embun dari lensa, mereka akan kembali terbentuk saat kita bernapas. Ini akan jadi masalah besar jika dihadapi oleh para dokter yang bertugas merawat pasien, khususnya pasien Covid-19.

Berikut beberapa tips agar kacamata tak lagi beruap atau berkabut (kondensasi) ketika memakai masker.

Sabun dan air 
Sebelum memakai masker, cuci kacamata dengan air sabun, kemudian buang sisa kelebihan air di kacamata. Biarkan udara mengeringkannya, atau lap dengan lap kacamata sebelum memakainya dan menggunakan masker. Air sabun menciptakan lapisan film tipis yang menghilangkan ketegangan permukaan kacamata dengan napas yang karena masker. Hanya saja metode ini harus diulang beberapa kali.

Kawat masker fleksibel
Beberapa masker memiliki penjepit atau kawat masker di bagian hidung. Kawat ini bisa dipakai untuk mengatur tingkat kelembapan yang masuk atau keluar dari masker. Jika Anda menjahit masker kain sendiri maka gunakan objek yang fleksibel seperti paper clip untuk menciptakan masker yang ‘ketat’

Baca Juga: Ini Manfaat Tak Pakai Makeup dalam Waktu Lama

Tissu
Tissu juga bisa dipakai untuk menghilangkan kabut di kacamata. Lipat tissu wajah yang lembut menjadi bentuk persegi panjang Letakkan di bagian masker yang menyentuh batang hidung. Tissu ini berfungsi untuk menyerap kelembapan ekstra yang keluar dari masker ke kacamata. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply