Tips Efektif Tertidur Dalam 2 Menit

0
T MauTips.com, Jakarta. Banyak orang berusaha keras untuk tidur. Namun, alih-alih membuat Anda tertidur, usaha keras Anda justru akan menimbulkan perasaan cemas dan membuat pikiran tetap terjaga. Sulit tidur barangkali jadi perkara biasa bagi orang-orang di zaman kiwari. Beberapa cara dipercaya dapat membantu Anda tidur dengan cepat.

1. Metode militer
Metode militer disebut-sebut bisa membantu Anda tidur dengan cepat. Dalam prosesnya, metode ini membutuhkan waktu 120 detik hingga selesai. Namun, 10 detik terakhir akan menjadi waktu ‘kosong’ bagi Anda untuk perlahan tertidur.

2. Metode 4-7-8
Metode ini fokus pada pernapasan yang pada gilirannya membantu Anda mengalihkan pikiran untuk kemudian tertidur. Metode ini memerlukan waktu 2 menit untuk bekerja. Menggabungkan kekuatan meditasi dan visualisasi, metode pernapasan ini akan berjalan efektif jika dilatih terus menerus. Namun, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika memiliki gangguan pernapasan seperti asma.

3. Relaksasi otot progresif
Metode ini fokus pada otot dalam yang membantu Anda bersantai. Sederhananya, cara ini dilakukan dengan menegangkan otot tubuh untuk kemudian kembali dibuat rileks. Gerakan ini dapat menimbulkan ketenangan di seluruh tubuh.

4. Katakan pada diri sendiri bahwa Anda sulit tertidur
Cara ini dikenal juga dengan istilah ‘niat paradoks’. Anda hanya perlu mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda sulit tertidur dan tetap terjaga. Bagi orang yang menderita insomnia, segala cara untuk tertidur yang terus menerus gagal hanya akan meningkatkan kecemasan. Pasrah dan menyadari kondisi yang tengah dialami disebut-sebut dapat membantu Anda tertidur.

5. Visualisasikan tempat yang tenang
Cara menghitung dianggap ampuh untuk membantu Anda tertidur. Namun, jika metode berhitung malah mengaktifkan pikiran Anda, coba libatkan imajinasi yang Anda miliki.

Baca Juga: Studi, Tanaman di Meja Kerja Ampuh Redakan Stres

Dalam sebuah studi, para peneliti menemukan bahwa orang bisa tertidur lebih cepat dengan membayangkan tempat-tempat tenang yang disukai. Anda bisa membayangkan air terjun, laut, aroma setelah hujan, atau apa pun yang membuat Anda nyaman. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply