Tips Jaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi

0
T MauTips.com, Jakarta. Keluhan psikosomatis merupakan contoh tantangan mental yang meningkat secara signifikan selama pandemi. Selama pandemi, tak jarang masyarakat mengalami burnout, yakni kondisi stres berat atau kelelahan secara emosional.

Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga kini mendorong masyarakat untuk terus memperhatikan kesehatan. Tak hanya kesehatan tubuh, kesehatan mental pun menjadi hal penting yang perlu dijaga. Mengingat tak jarang pandemi juga memberikan berbagai tantangan mental bagi masyarakat. Munculnya tantangan mental mendorong masyarakat mencari berbagai kegiatan untuk mengisi waktu luang di rumah. Beberapa di antaranya dengan berolahraga atau melakukan hobi yang menyenangkan.

Berikut yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental dari rumah.

Belajar Melukis atau Membuat Kerajinan Tangan
Bosan melakukan aktivitas itu-itu saja di rumah? Cobalah untuk keluar dari zona nyaman dan lakukan hal-hal baru, seperti melukis atau membuat kerajinan tangan misalnya. Tak hanya menyenangkan, ternyata aktivitas ini juga bisa menghadirkan energi positif di dalam diri. Menulis jurnal harian dapat membantu seseorang mengurai emosi-emosi negatif agar lebih mudah dipahami. Selain itu, aktivitas ini juga bisa menjadi wadah untuk mencurahkan pikiran dan unek-unek.

Tetap Terhubung dan Berbagi Cerita
Pandemi memang membuat berbagai aktivitas, termasuk sosialisasi menjadi lebih terbatas. Namun, jangan jadikan pandemi alasan untuk berhenti terhubung dengan keluarga hingga teman. Pasalnya, dukungan dari orang terdekat menjadi hal penting untuk menjaga kesehatan mental. Apalagi selama pandemi, tak jarang permasalahan hidup kerap menghampiri. Untuk itu, pastikan untuk tetap terhubung dan berbagi cerita dengan orang terdekatmu.

Kenali Batasan Diri Sendiri
Ada beberapa tanda peringatan awal yang menunjukkan seseorang harus mulai memperhatikan kondisi kesehatan mental. Hal ini bisa ditandai dengan munculnya gangguan tidur, makan, hingga produktivitas. Saat persoalan ini terjadi, cobalah untuk mengenali batasan diri sendiri dan mengontrol aktivitas. Misalnya, kualitas tidur dan nafsu makan terganggu, produktivitas menurun karena tidak fokus dan lain-lain.

Baca Juga: Ciri-Ciri Gejala Omicron yang Perlu Diwaspadai

Berolahraga Fisik dan Mental
Tren berolahraga menjadi kian populer di masyarakat. Berolahraga ternyata memang tak hanya dapat menyehatkan fisik, tapi juga mental. Agar dua hal ini terjaga kesehatannya, kamu perlu buat rutinitas olahraga yang menyenangkan, misalnya dengan melakukan yoga atau lari pagi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply