Tips Membuat Perut Bebas Buncit

0
T MauTips.com, Jakarta. Tak hanya urusan penampilan, perut buncit ternyata menyimpan ‘bom waktu.’ Lemak perut tampaknya lemak yang paling susah dibasmi dibanding lemak di area tubuh lain. Lemak perut terdapat di bawah kulit, juga mengelilingi organ yang disebut lemak visceral. Lemak visceral berkaitan dengan penyakit jantung, masalah pernapasan dan menaikkan peluang kematian dini. Akan tetapi, ‘pekerjaan rumah’ Anda tidak hanya memperbaiki kebiasaan olahraga, konsumsi makanan sehat dan kecukupan istirahat, tetapi juga menghilangkan kebiasaan makan yang tanpa disadari bikin perut makin buncit.

Berikut tips untuk membuat perut bebas buncit.

Ngemil keripik
Keripik mudah ditemukan di pasaran dengan beragam rasa. Hanya sebungkus mungkin tidak membuat Anda merasa bersalah, tetapi lihat saja perut bisa makin buncit karenanya. Sebuah penelitian yang diterbitkan di New England Journal of Medicine, partisipan mengalami kenaikan berat badan signifikan selama periode empat tahun konsumsi keripik kentang dalam jumlah banyak.

Konsumsi pangan tinggi gula tambahan
Stres memainkan peran dalam peningkatan lemak perut. Saat kadar kortisol meningkat, orang cenderung menginginkan gula karena tubuh berada dalam keadaan darurat sehingga perlu pasokan energi instan.

Konsumsi pangan kemasan
Demi alasan kepraktisan, orang memilih mengonsumsi pangan kemasan atau pangan ultra proses. Asupan tinggi pangan olahan, terutama yang tinggi fruktosa misal sirup jagung, dapat mengakibatkan kenaikan berat badan. Ini akan sangat terlihat di area perut. Di samping kandungan fruktosa, lemak trans juga memicu peradangan sehingga mendorong resistensi insulin dan akumulasi lemak perut.

Makan terlalu cepat
Kebiasaan makan yang buruk tidak melulu berpusat pada apa yang Anda makan, tetapi pada cara Anda makan. Kecepatan makan ternyata turut mempengaruhi risiko kenaikan berat badan.

Kurang asupan protein
Selama ini pikiran tentang pola makan sehat adalah memperbanyak sayuran dan buah. Sebenarnya ini soal keseimbangan sehingga Anda perlu memperhatikan kecukupan nutrisi lain termasuk protein. Kekurangan protein bisa memicu perut makin buncit. Protein juga membantu mengontrol hormon yang meningkatkan nafsu makan sehingga membantu Anda menurunkan berat badan secara alami.

Makan larut malam
Makan terlalu larut malam bukanlah ide baik, apalagi buat perut Anda. Anda akan memasok begitu banyak kalori ke tubuh bahkan lebih banyak dari biasanya sehingga perut makin buncit.

Tidak pernah sarapan
Ada saja alasan orang enggan sarapan. Ada yang merasa mulas jika pagi-pagi menyantap makanan atau risiko rasa kantuk luar biasa karena perut kenyang. Namun tidak sarapan bisa berkontribusi pada kenaikan berat badan termasuk bikin perut jadi buncit.

Baca Juga: Tips Jaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi

Saat Anda melewatkan sarapan, kadar insulin berpotensi naik sehingga mengundang reaksi berantai, kemudian tubuh secara tidak sengaja menyimpan lebih banyak lemak. Dengan sarapan, Anda akan mencegah efek ini dan membantu membakar beberapa lemak perut berlebih. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply