Tips Pencegahan Dini Bahaya Osteoporosis

0
T MauTips.com, Jakarta. Osteoporosis atau tulang keropos merupakan salah satu penyakit yang mengintai banyak orang seiring pertambahan usianya. Memang, beberapa faktor penyebab osteoporosis tidak dapat kita ubah, seperti usia, genetik, dan jenis kelamin.

Namun, bukan berarti penyakit tulang ini tidak bisa dicegah dan diturunkan risikonya dengan memerhatikan faktor-faktor lain. Simak cara mencegah osteoporosis agar Anda bisa tetap melangkah tegak di usia senja. Hari Osteoporosis Sedunia dirayakan setiap 20 Oktober. Pada hari ini, masyarakat diingatkan untuk waspada akan rapuhnya tulang seiring berjalannya usia. Osteoporosis adalah jenis penyakit yang berbahaya karena bisa berakibat fatal, misalnya terjadi patah tulang tiba-tiba. Osteoporosis juga dikenal sebagai penyakit silent disease karena kerap tak bergejala. Osteoporosis atau tulang keropos atau dikenal juga dengan pengurangan kepadatan tulang adalah penyakit yang tidak bergejala, sehingga bisa menyebabkan patah tulang yang berakibat fatal. Hal paling fatal yang bisa terjadi akibat osteoporosis ini adalah patah tulang. Saat mengalaminya hal yang dirasakan tentu rasa nyeri, disabilitas, deformitas hingga kematian.

Berikut pencegahan osteoporosis.

Pencegahan sejak dini
Pada awal masa kehidupan penting mencegah terjadinya osteoporosis. Ini bisa dimulai dari para orang tua dengan memberi anaknya kalsium dan gizi yang seimbang.

Konsumsi makanan dan minuman sehat
Makanan sehat tak selalu mahal. Makanan sehat berlimpah di Indonesia seperti tahu, tempe, sayuran dan kacang-kacangan sebagai sumber kalsium. Atur pola makan sehat dan seimbang, minum susu agar kalsium untuk pertumbuhan tulang terpenuhi.

Olahraga teratur
Olahraga menjadi hal penting untuk dilakukan bagi semua usia, dari mulai anak-anak, remaja, dewasa bahkan lansia. Kata Bagus, meski berada di rumah, waktu olahraga jangan sampai terganggu, bergerak dan berkeringat bisa memperkuat kesehatan tulang.

Rutin melakukan pemeriksaan
Pemeriksaan sederhana bisa dilakukan dengan evaluasi dini oleh diri sendiri dengan berbagai faktor risiko. Tak hanya itu, melakukan cek kesehatan tulang rutin ke rumah sakit bisa dilakukan minimal satu kali dalam satu tahun atau dua tahun sekali. Hal ini bisa dilakukan sesuai dengan anjuran dokter.

Baca Juga: Daftar Olahraga Yang Cepat Menurunkan Berat Badan

Rutin periksa tinggi badan
Tinggi badan harus dicek rutin. Saat tinggi badan mengalami pengurangan yang signifikan bisa menjadi tanda awal terjadi osteoporosis. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply