Tips Pencegahan Gejala Baru Virus Corona

0
T MauTips.com, Jakarta. Beberapa gejala baru terinfeksi virus corona, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan diare juga telah dilaporkan menjadi gejala baru corona virus. Selain itu, ada juga laporan bahwa gejala virus corona dapat bisa diikuti dengan hilangnya bau dan rasa pada indra pengecap.

Sejumlah penelitian menemukan beberapa gejala baru virus corona. Masyarakat di dunia diminta untuk lebih waspada dengan adanya gejala baru ini. Ahli Perancis mengungkapkan bahwa virus corona SARS-CoV-2 dapat menyebabkan gejala dermatologis berupa kulit kemerahan yang terkadang menyakitkan dan menyebabkan gatal-gatal. Gejala dermatologis tersebut memengaruhi tubuh di luar sistem pernapasan, kemungkinan terkait infeksi virus corona penyebab Covid-19. Corona virus akan semakin berisiko terhadap seseorang yang berada pada rentang usia 20-79 tahun. Meski demikian, penelitian terbaru terhadap 2.000 anak yang terkonfirmasi atau diduga menderita Covid-19, sebanyak 6 persen di antaranya berada dalam kondisi parah atau kritis.

Bagaimana cara melindungi diri dan mencegah terinfeksi dari virus ini?

1. Mencuci tangan

Langkah terbaik yang dapat dilakukan sejauh ini adalah mencuci tangan secara teratur menggunakan sabun dan air mengalir. Virus corona menyebar saat orang yang terinfeksi batuk atau bersin ke udara. Tetesan kecil akibat batuk dan bersin dapat dihirup dan menyebabkan infeksi jika menyentuh permukaan tempat di mana tetesan-tetesan tersebut mendarat. Sehingga, disarankan untuk tidak menyentuh wajah dengan tangan yang tidak dicuci, karena corona virus dapat menginfeksi melalui mata, hidung, dan mulut.

2. Hindari kontak dengan orang terinfeksi

Langkah penting lainnya yaitu menghindari kontak dekat dengan orang yang telah terinfeksi virus. Orang yang telah terpapar corona mempunyai kesempatan sangat tinggi menyebarkan penyakit kepada orang lain. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah meminta orang-orang menerapkan physical distancing meskipun dalam keadaan sehat. Dengan menerapkan jarak aman, sekitar 1-2 meter, akan mengurangi risiko paparan virus.

Baca Juga: Gejala Baru Covid-19, Salah Satunya Nyeri Otot

3. Masker

WHO telah merekomendasikan semua orang menggunakan masker pelindung saat berada di ruang publik. Setidaknya, masker akan lebih membantu penekanan penyebaran virus. Tak harus masker bedah, tetapi masker dari kain juga diperbolehkan asal memenuhi syarat. WHO telah menyatakan bahwa penyakit ini sebagai pandemi global. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply