Tips Penting Sebelum Memutuskan ke Rumah Sakit Saat Pandemi

0
T MauTips.com, Jakarta. Dokter menyarankan konsultasi secara tatap muka dengan dokter sebaiknya tetap dilakukan pasien yang memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Sebagian orang memilih terlebih dulu menunda pergi ke dokter atau rumah sakit di tengah pandemi virus corona. Tapi ada beberapa kelompok yang jadwal pemeriksaannya tak seharusnya ditunda. Ada beberapa kelompok tertentu yang sebaiknya tidak menunda pemeriksaan kesehatan pada masa new normal. Mereka yang memiliki gangguan kesehatan metabolik seperti diabetes, kolesterol, hipertensi, mereka yang memiliki masalah jantung dan kardiovaskular, ibu hamil, dan anak-anak yang membutuhkan vaksinasi. Kendati begitu dokter menekankan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, sebelum mengunjungi rumah sakit, Anda bisa terlebih dulu berkomunikasi dengan dokter untuk membuat janji dan menentukan jadwal pasti pemeriksaan.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum berkunjung ke rumah sakit.

1. Pilih rumah sakit dengan protokol kesehatan yang ketat, atau yang memisahkan area pasien dengan gejala Covid-19, dengan pasien dan pengunjung lainnya.

2. Kenakan masker dan face shield jika diperlukan. Ganti masker apabila sudah basah.

3. Pastikan Anda selalu berada dengan jarak minimal 1-2 meter dengan orang lain.

4. Rajinlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer berbahan dasar alkohol selama minimal 20 detik. Upayakan juga untuk menghindari menyentuh fasilitas umum.

5. Datanglah mendekati waktu konsultasi dokter, sehingga Anda tak perlu menunggu terlalu lama di rumah sakit.

6. Jangan lupa untuk segera mandi hingga bersih dan mengganti pakaian setelah Anda tiba kembali di rumah.

Rumah sakit merupakan salah satu tempat yang sering dihindari pada masa pandemi Covid-19. Kekhawatiran akan tertular virus corona menjadi salah satu penyebab. Padahal, beberapa pemeriksaan rutin atau juga imunisasi ada yang tetap harus berjalan.

Baca Juga: Mengenal Manfaat dan Efek Samping Minum Air Jeruk Nipis

Dokter mengingatkan akan pentingnya memperhatikan protokol kesehatan individu dan rumah sakit yang akan dikunjungi. Karena itu jika memang harus mendatangi rumah sakit, maka tak perlu cemas, asalkan tetap waspada dan menjaga kesehatan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply