Tips Sederhana Atasi Pilek si Kecil Tanpa Obat

0
T MauTips.com, Jakarta. Disaat cuaca tak menentu, kadang hujan kadang panas, terkadang penyakit yang mudah menyerang adalah pilek. Hal ini bisa saja disebabkan oleh virus yang ada di sekitar kita. Nah saat si kecil kena pilek, tidak harus selalu diatasi pakai obat. Sebenarnya penyakit ini bisa sembuh sendiri, kita cuma perlu memastikan si kecil istirahat dan mendapat nutrisi yang cukup. Tapi agar pilek segera reda, ada beberapa pengobatan rumahan yang bisa dilakukan.

Berikut ini adalah cara alami mengatasi pilek pada anak tanpa perlu menggunakan obat-obatan kimia.

Menghirup Uap Panas
Sekumpulan virus dan respons kekebalan tubuh yang kurang baik menyebabkan gejala pembengkakan saluran hidung dan lapisan sinus. Alhasil hal itu menyebabkan si kecil bersin, pilek dan mata sakit. Uap adalah pilihan yang baik untuk meredakan pilek. Caranya, ajak anak menghirup uap dari semangkuk air panas dan bisa diberi tetesan minyak kayu putih atau minyak hangat lainnya.

Minum Minuman Hangat
Minuman hangat bekerja dengan sangat baik untuk meredakan pilek. Efek dari minum minuman hangat akan menimbulkan aliran udara hidung yang tersumbat. Hidung yang pilek akan mengalami penurunan derajat penyumbatan sehingga menjadi lebih segar. Minuman hangat ini juga membuat batuk dan sakit tenggorokan lebih ringan.

Makan Sup Ayam atau Kari
Sup buatan sendiri sangat baik untuk semua hal, terutama jika itu menggunakan daging ayam. Saat memakan sup ayam hangat, hidung akan menghirup uap aromatik, sehingga membuat hidung lebih lega. Sup ayam juga membuat tubuh terhidrasi dan memberi kenyamanan.

Mengajak Anak Lebih Santai
Ajak anak bersantai-santai saat terkena pilek itu adalah hal yang bagus. Karena ini membuat anak rilek dan membuat imunitasnya meningkat.

Minum Air
Ketika tubuh melawan infeksi virus, saat itu juga kita mengalami dehidrasi. Untuk itu saat anak kena pilek, hendaknya diberi minum air dalam jumlah cukup. Cairan yang cocok adalah air mineral.

Baca Juga: Inilah Benda Yang Tak Boleh Dipinjamkan ke Orang Lain Demi Kesehatan!

Madu
Minum madu sangat efektif saat pilek. Sebab madu bisa membantu daya tahan tubuh. Jika diminum secara rutin, madu menghasilkan efek yang baik bagi kesehatan tubuh serta dapat mencegah panas dalam. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply