Toilet Umum Bisa Tularkan Virus Penyebab Kanker Serviks

0
T MauTips.com, Jakarta. Toilet duduk sudah banyak dipakai di banyak rumah dan fasilitas umum di Indonesia. Namun ternyata toilet jongkok lebih menyehatkan jika dibandingkan dengan toilet duduk. Buang air besar menggunakan toilet duduk membutuhkan waktu yang lebih lama dan tenaga yang lebih besar jika dibandingkan dengan toilet jongkok.

Sedangkan ketika memakai toilet jongkok, membuat usus dan anus berada pada jalur yang lurus hingga memungkinkan feses keluar dengan mulus. Penyakit kanker serviks membuat banyak wanita mulai mencari berbagai informasi terkait penyakit mengerikan tersebut. Cara penularannya ternyata tidak serumit yang dipikirkan untuk sebuah penyakit mematikan. Karena toilet umum bisa menyebarkan virus HPV penyebab kanker serviks.

Fakta itu dijelaskan oleh Ketua Himpunan Ongkologi Ginekologi Indonesia. Menurutnya wanita harus berhati-hati jika harus memakai toilet umum dimana saja, terutama adalah toilet duduk. Virus HPV memang mudah menempel dimana saja, terutama di tempat buang air kecil yang tidak bersih dan higienis serta digunakan oleh banyak orang.

Jika ada satu wanita saja yang memiliki virus tersebut, lalu BAK di toilet umum tersebut wanita lain yang sehat punya kemungkinan tertular juga. Hal itu dibuktikan dengan adanya penelitian dari luar negeri yang menemukan bahwa toilet adalah salah satu penyebab menularnya virus HPV.

Baca Juga: Wanita Perokok Bisa Alami Menopause Lebih Dini 4 Tahun

Untuk menghindari penularan virus penyebab kanker serviks di toilet umum, walau terlihat bersih jangan ragu untuk memakai semprotan antiseptik di bagian dudukan toilet. Pastikan bahwa tempat itu bersih, baru gunakan agar aman. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply