Cara Mudah Agar Telur Rebus Terkelupas Sempurna

0
C CumaBerita.com, Jakarta. Anda pasti pernah membuat telur rebus berantakan karena cara mengupas yang salah. Tak hanya kulit yang terkelupas, tapi bagian putih telur pun terkadang ikut terbawa. Mengupas telur yang telah direbus susah-susah gampang.

Sekilas terlihat mudah. Padahal, mengupas telur rebus tak semudah yang dikira. Penyebabnya bermacam-macam. Cara mengupas yang salah tentu jadi penyebab utama. Selain itu, mengutip The Daily Meal, cara merebus yang kurang tepat juga bisa berkontribusi membuat telur rebus sulit dikupas. Pertama-tama, Anda perlu tahu bahwa ada beberapa cara yang harus diikuti untuk merebus telur hingga matang sempurna.Pertama, taruh telur mentah di dalam panci berisi air dingin. Taruh panci tersebut ke atas kompor dan panaskan hingga air mendidih. Jangan lupa untuk memasukkan 1 sendok makan cuka untuk setiap 4 gelas air yang digunakan. Cuka melarutkan sebagian kalsium karbona t dalam kulit telur yang dapat membuat telur lebih mudah dikupas.

Setelah mendidih, matikan api dan tutup panci. Biarkan hingga telur matang sempurna. Beri waktu 9 menit untuk telur ukuran kecil, 12 menit untuk telur ukuran sedang, dan 15 menit untuk telur ukuran besar. Setelahnya, keluarkan telur dari panci dan taruh di dalam mangkuk berisi air es. Cara ini akan menghentikan proses memasak dan membantu menurunkan suhu telur.

Cara Mengupas Telur Rebus
Setelah melakukan cara merebus yang tepat, kini saatnya Anda mengetahui beberapa trik untuk mengupas telur agar tak hancur berantakan. Yang jelas, Anda tak bisa langsung mengupas telur dalam keadaan baru matang. Pada kondisi itu, membran luar telur cenderung melekat pada kulit. Hal ini lah yang membuat telur lebih sulit untuk dikupas.

Untuk itu, Anda perlu mendinginkannya terlebih dahulu. Setelah dingin, coba retakkan telur dengan membenturkannya ke permukaan keras seperti meja. Setelah retak, celupkan telur ke dalam mangkuk berisi air. Kupas telur saat terendam dalam air.Selain itu, Anda juga bisa mengupas telur langsung di bawah air yang mengalir dari keran.

Baca Juga: Manfaat Tolak Angin Cair Bagi Kesehatan

Tekanan air membantu melepaskan kulit dari telur. Atau, Anda juga bisa menaruh telur yang telah mendingin ke dalam wadah plastik berisi air. Aduk dengan lembut. Cara ini akan membantu melepaskan kulit telur yang pecah dengan sendirinya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply