Cara Mudah Memanggang Daging Juicy dan Tak Gosong dari Executive Chef

0
C MauTips.com, Jakarta. Sering orang merasa kesulitan saat memanggang daging karena dagingnya cepat gosong atau teksturnya yang terlalu keras. Ternyata hal tersebut disebabkan karena proses pengolahan yang dilakukan. Memanggang daging tidak hanya sekedar menaruh daging di atas alat panggangan. Ada tips yang perlu diperhatikan agar tidak cepat gosong dan teksturnya juicy. Biasanya menu bakar-bakaran adalah daging panggang dengan berbagai bumbu. Ada beberapa tips yang harus dilakukan saat memilih daging untuk dipanggang.

Berikut tips memanggang daging dengan benar dan terasa juicy.

Jangan Gunakan Daging yang Beku
Daging yang beku kandungan airnya bisa berkurang atau hilang sehingga rasanya tidak bisa juicy lembut. Jika menginginkan tekstur juicynya terasa, jangan menggunakan daging yang potongannya terlalu tipis. Daging dengan potongan yang tebal tekstur juicynya akan lebih terasa. Sementara untuk bumbunya tidak ada bumbu khusus yang bisa membuat tekstur daging menjadi juicy melainkan lebih kepada pemilihan daging dan cara memanggangnya.

Daging dengan Lemak
Supaya daging panggang semakin enak rasanya, pastikan untuk menggunakan daging yang ada lemaknya. Namun, perhatikan juga kandungan lemak yang ada di dalam daging agar tidak berlebihan. Untuk menggunakan daging dengan kandungan lemak sekitar 15-20%. Ketika memanggang daging, perhatikan waktu atau durasi pemanggangan.

Ada yang cepat gosong dan ada pula yang masih mentah ketika diangkat dari alat panggangan. Soal waktu pemanggangan sebenarnya tidak ada waktu khusus atau berapa lama menu bakar-bakaran tahun baru harus dipanggang. Proses pemanggangan sebaiknya menggunakan feeling.

Tingkat Kematangan
Soal tingkat kematangan itu bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Mulai dari medium rare, medium well atau well done.

Baca Juga: Cara Mudah Cek Sertifikat Vaksin COVID-19 Untuk Anak

Cara Memanggang
Daging yang cepat gosong ketika dipanggang itu bisa disebabkan karena cara memanggang yang salah. Kesalahan biasanya terjadi saat membolak-balikkan daging. Ketika ingin melihat apakah daging sudah matang merata atau belum, pasti orang akan membolak-balikkan daging. Hanya saja, kesalahannya ketika dibalik posisi daging tidak diganti. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply