Cara Mudah Membuat Dalgona Milo, Cokelat dan Matcha

0
C MauTips.com, Jakarta. Bentuknya yang cantik dan berbeda dari biasanya membuat banyak orang tergiur mencobanya. Cara membuat dan bahannya juga relatif mudah. Dengan bermodal alat pengocok (balloon whisk), mixer atau bahkan saringan, Anda sudah bisa menghasilkan foam kopinya.

Dalgona coffee atau kopi dalgona belakangan ini marak berseliweran di media sosial. Kopi susu dua lapis antara susu cair dengan foam kopi pekat dan gula memang tengah jadi tren sendiri. Jenis kopi ini lahir di Korea. Dalam bahasa Korea, dalgona atau ppopgi berarti honeycomb toffee (makanan yang terbuat dari karamel dan baking powder yang dipanaskan dan membentuk seperti sarang tawon). Bagi banyak orang Korea, dalgona membangkitkan kenangan nostalgia akan makanan gula di masa kecil. Dalgona dibuat dengan mencampurkan gula dengan air dan merebusnya sampai mulai agak kuning. Kemudian baking soda ditambahkan, setelah itu campuran terurai dan karbon dioksida dilepaskan. Gula yang sudah dicairkan akan mengembang dan mengeras, menjadi ringan dan renyah. Meski begitu, bagi Anda yang tak gandrung pada si biji hitam tetap bisa mengikuti keriaan ini.

Anda bisa membuat dalgona dengan campuran lain seperti milo, cokelat, atau bahkan teh hijau matcha. Cara membuat dalgona milo, cokelat, dan matcha tak jauh berbeda dengan kopi dalgona. Dalgona dibuat dengan mengganti bubuk kopi dengan bubuk milo, kakao atau matcha, sesuai selera. Namun, saat membuat dalgona dengan bahan lain, perlu campuran pengembang agar adonan dapat mengental seperti kopi dalgona. Pengembang yang bisa digunakan dapat berupa putih telur, ovalet, TBM, SP. Dapat pula menggunakan whipped cream instan.
Berikut cara membuat dalgona milo.
Bahan:
2 sdm milo/bubuk kakao/matcha
2 sdm gula
2 sdm air panas
Pengembang (1 sdt untuk ovalet/TBM/SP atau 1 butir putih telur)
Susu full cream setengah gelas
Es batu secukupnya

Baca Juga: Masker Khusus Anak, 5 Hal yang Perlu Diketahui Orang Tua

Cara membuat:
1. Campurkan bubuk milo/kakao/matcha, gula, air panas, dan pengembang. Aduk hingga mengental dan mengembang sampai berbentuk seperti karamel. Aduk menggunakan mixer, pengocok telur, atau saringan.
2. Siapkan susu full cream dan es batu di dalam gelas.
4. Tuangkan adonan dalgona ke dalam gelas.
Minuman dalgona milo/kakao/matcha siap disajikan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply