Daftar Makanan Yang Dapat Menjaga Kesehatan Paru-paru

0
D MauTips.com, Jakarta. Isu kesehatan saluran pernapasan belakangan kerap jadi sorotan. Covid-19 yang menyerang sistem pernapasan membuat banyak orang berusaha untuk menjaga organ paru-paru tetap sehat. Beberapa makanan diketahui dapat menjaga kesehatan paru-paru. Sistem pernapasan, termasuk di dalamnya paru-paru, memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan secara utuh. Paru-paru berfungsi menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Beberapa makanan kaya nutrisi ditemukan dapat mengurangi kerusakan paru-paru.

Berikut makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru.

1. Buah Bit
Bit mengandung senyawa yang dapat mengoptimalkan fungsi paru-paru. Bit kaya akan nitrat yang telah terbukti bermanfaat menjaga fungsi paru-paru. Nitrat membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengoptimalkan proses pengambilan oksigen.

2. Apel
Sejumlah penelitian telah menunjukkan, konsumsi apel secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Asupan apel juga ditemukan dapat menekan risiko asma dan kanker paru-paru. Kandungan antioksidan dalam apel seperti flavonoid dan vitamin C disebut berkontribusi memberikan manfaat satu ini.

3. Labu
Labu mengandung berbagai senyawa yang mempromosikan kesehatan paru-paru. Labu kaya akan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, dengan sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat.

4. Kunyit
Kunyit telah lama dikenal sebagai obat herbal karena sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dimilikinya, termasuk untuk paru-paru.

5. Tomat
Tomat menjadi salah satu sumber likopen dan karotenoid terbaik. Keduanya diketahui dapat meningkatkan kesehatan paru-paru. Konsumsi tomat terbukti mengurangi peradangan pada saluran pernapasan dan meningkatkan fungsi paru-paru pada orang dengan COPD.

6. Teh hijau
Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) yang ada di dalam teh hijau bersifat antioksidan dan antiinflamasi. Kandungan tersebut telah terbukti dapat menghambat fibrosis paru atau jaringan akut pada paru.

7. Edamame
Kacang edamame mengandung senyawa antioksidan yang disebut isoflavon. Diet kaya isoflavon ditemukan dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, termasuk COPD. Asupan isoflavon juga secara signifikan dapat meningkatkan fungsi paru-paru dan mengurangi gejala sesak napas.

8. Minyak Zaitun
Minyak zaitun dikenal kaya akan manfaat kesehatan, salah satunya untuk paru-paru Sebuah penelitian yang melibatkan 871 peserta menemukan bahwa asupan minyak zaitun dapat menekan risiko asma.

9. Yogurt
Yogurt kaya akan kalsium, kalium, fosfor, dan selenium. Penelitian menemukan, nutrisi-nutrisi tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan paru-paru dan melindunginya dari risiko COPD.

Baca Juga: Cara Alami Mengatasi Kebotakan

10. Kakao
Produk kakao dan cokelat diketahui mengandung antioksidan yang tinggi. Kakao juga mengandung senyawa theobromine yang membantu mengendurkan saluran udara di paru-paru. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply