Daftar Makanan yang Meningkatkan Suasana Hati di Rumah

0
D MauTips.com, Jakarta. Makanan yang tepat bisa memberikan nutrisi untuk tubuh dan memicu hormon yang merangsang rasa bahagia. Sejumlah makanan dapat meningkatkan suasana hati saat kebosanan melanda karena terus-menerus berada di rumah selama masa pandemi Covid-19. Tak perlu mengeluarkan biaya besar untuk mendapatkan makanan-makanan ini. Makanan ini bisa didapat dan dibuat dengan mudah. Berikut daftar makanan yang meningkatkan suasana hati saat di rumah.

1. Makanan yang mengandung omega-3
Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat meningkatkan suasana hati. Asam docosahexaenoic (DHA) pada omega-3 yang ditemukan di ikan berperan penting pada perkembangan otak dan kesehatan mental. Lemak yang sehat juga membantu menurunkan peradangan dan meningkatkan kadar hormon serotonin, hormon yang meningkatkan suasana hati. Konsumsi dua porsi ikan berlemak setiap minggu seperti salmon, herring, dan sarden untuk mendapatkan DHA omega-3.

2. Sayuran hijau
Sayuran hijau adalah sumber folat dan vitamin yang berperan untuk produksi serotonin dalam tubuh. Studi menunjukkan, orang-orang yang depresi mengonsumsi lebih sedikit folat dan kadar vitamin yang juga rendah di dalam darah. Kurang folat juga dapat menyebabkan tubuh kelelahan dan daya ingat yang buruk. Konsumsi 400 mikrogram folat setiap hari atau setara dengan satu porsi bayam. Selain sayuran hijau, folat juga terdapat dalam kacang-kacangan, alpukat, dan stroberi.

3. Probiotik
Probiotik baik untuk saluran pencernaan dan kesehatan mental. Studi menunjukkan bahwa probiotik mengurangi pikiran negatif yang terkait dengan suasana hati.

4. Biji-bijian utuh
Biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah, dan oat baik untuk kesehatan otak. Kandungan serat yang tinggi dalam biji-bijian utuh menjaga kadar gula darah yang berefek pada suasana hati yang stabil. Biji-bijian utuh juga meningkatkan kadar serotonin.

5. Vitamin D
Vitamin D yang disintesis dari sinar matahari bisa didapat dengan mengonsumsi kuning telur, ikan berlemak, dan susu. Vitamin D juga dikenal baik untuk kesehatan mental.

6. Cokelat
Cokelat hitam murni dapat meningkatkan suasana hati. Cokelat mengandung kafein dan theobromine, senyawa yang dapat memengaruhi suasana hati. Selain itu, kandungan flavanoid dalam cokelat juga menurunkan tekanan darah dan kolesterol, serta meningkatkan suasana hati.

Baca Juga: Body Scrub Lokal Dari Kopi, Bisa Merelaksasi

7. Kopi dan teh
Tak salah jika kopi dan teh jadi minuman yang menemani keseharian saat bekerja dari rumah. Kopi dan teh merupakan sumber kafein yang dapat memicu suasana hati. Konsumsi kopi dan teh dalam jumlah normal atau tidak berlebihan saat sedang berada di rumah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply