Efek Makan Telur Tiap Hari Untuk Kesehatan

0
E MauTips.com, Jakarta. Pada sebutir telur ada nutrisi protein, vitamin A, B2, B6, B12, D, serta E dan beberapa mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Mineral pada telur bahkan sangat lengkap dan bisa membantu berbagai kerja sel dan organ tubuh yaitu seng, thiamin, riboflavin folat, fosfor, magnesium, besi, selenium, dan tembaga, juga asam lemak omega 3.

Makan telur pasti menyehatkan sebab tiap butirnya mengandung nutrisi dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Apakah kolesterol yang ada pada bagian kuningnya tidak berbahaya untuk kesehatan. Jawabannya adalah konsumsi telur setiap hari tak berbahaya untuk kesehatan, selama tubuh memang membutuhkannya. Misalnya pada atlet olahraga yang per hari bisa menyantap lebih dari tiga butir telur. Mereka melakukan hal itu karena aktifitasnya memang memerlukan banyak asupan protein dan energi yang bisa didapat dari telur.

Untuk yang bukan atlet, semisal ibu rumah tangga, pria dewasa atau anak-anak dan remaja, konsumsi telur tiap hari diperbolehkan dan tetap akan memberi efek kesehatan yang positif. Bahkan bisa mencerdaskan otak dan menguatkan tubuh selama jumlahnya tidak berlebihan. Memang ada kandungan kolesterol di bagian kuningnya, namun bisa mengakali dengan mengurangi jumlah bagian kuning telur dan mengkonsumsi bagian lainnya.

Baca Juga: Beberapa Gejala Dehidrasi Yang Sering Tidak Disadari

Ini sangat menyehatkan. Ada nutrisi bernama kolin di dalam telur yang digunakan oleh otak untuk berkembang dan bekerja lebih baik juga membantu fungsi memorinya. Demikian pula zat lutein, zeaxanthin dan karotenoid yang menunjang organ mata agar lebih sehat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply