Inilah Alasan Untuk Tidak Memanaskan Lagi Nasi Sisa Kemarin

0
I MauTips.com, Jakarta. Kebiasaan memanaskan kembali makanan sisa banyak dilakukan orang. Tak banyak orang tahu risiko keracunan makanan yang dapat ditimbulkan dari makanan sisa. Hal buruk yang bisa terjadi seperti muntah-muntah, diare, atau gangguan perut lainnya. Keracunan makanan umumnya disebabkan karena bakteri yang mengkontaminasi makanan.

Makanan yang layak dipanaskan lagi antara lain makanan yang mengandung daging, susu, krim, saus, nasi dan pasta. Yang terpenting, panaskan hingga seluruh bagian makanan menjadi panas benar. Nasi bisa saja terkontaminasi bakteri yang disebut Bacillus Cereus. Bakteri ini mati apabila terkena suhu panas, namun seringkali menghasilkan spora yang tidak hanya beracun tapi juga tahan terhadap suhu panas.

Memanaskan makanan sisa kemarin sudah jadi kebiasaan sebagian besar orang di dunia, dengan alasan sayang jika harus membuang makanan tersebut. Dari sisi penghematan hal itu tentu baik, namun dari sisi kesehatan ada beberapa poin yang perlu diperhatikan. Pada nasi yang berasal dari beras putih ada bakteri yang bernama Bacillus Cereus.

Bakteri ini berkembang dengan cepat apabila dibiarkan bermanifestasi. Kesalahan sebenarnya bukan pada memanaskan kembali nasi kemarin, namun pada cara penyimpanan nasi sebelum dipanaskan. Bakteri Bacillus Cereus ini hidup dalam nasi yang sudah matang serta merusaknya dan menghasilkan racun di dalamnya. Racun tersebut memicu diare atau muntah-muntah.

Baca Juga: Minum Air Lemon Ternyata Tak Bantu Detoksifikasi! Studi Terbaru 

Masalahnya, ia akan berkembang cepat dalam nasi yang disimpan dalam suhu ruang usai dimasak. Saat menyimpan nasi dalam lemari pendingin, bakteri tersebut makin cepat bereproduksi. Idealnya, bila nasi terlalu banyak dan pasti tak habis, sesegera mungkin dimasukkan dalam lemari pendingin usai dimasak. Jangan biarkan lama di suhu kamar agar bakteri tidak berkembang biak. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply