Tips Cara Mencuci Ikan Laut Agar Tidak Bau Amis

0
Ikan bisa menjadi menu favorit bagi siapa saja dengan masakan olahan ikan. Namun ada satu hal yang membuat banyak orang malas dengan menu ikan karena bau amisnya. Beberapa orang tidak menyukai hidangan ikan karena amisnya, padahal ikan merupakan sumber protein yang sangat baik dan juga terjangkau. Kandungan gizinya secara umum bahkan lebih baik dari sumber protein hewani lainnya.

Ikan adalah salah satu sumber makanan yang bagus untuk perkembangan otak. Bagi banyak orang yang sehari-hari tidak di dapur mungkin akan bingung bagaimana cara menghilangkan bau amis ikan. Namun ternyata mudah untuk menghilangkan bau amis pada ikan tersebut. Ikan yang akan diberikan sebaiknya jangan digoreng karena vitamin dan protein bisa rusak.

Berikut adalah langkah menghilangkan bau amis pada ikan. Dengan pengolahan yang benar, bau amis ikan bisa diminimalisir bahkan dihilangkan. Pastikan ikan dalam kondisi segar saat dimasak. Setelah membeli ikan dan tidak ingin segera mengolahnya, segera bersihkan beri garam termasuk dalam-dalamnya dan simpan dalam lemari pembeku.

Jika tidak ada lemari pembeku, es dan garam juga membantu untuk beberapa jam. Sebelum dimasak, cuci ikan kemudian rendam ikan dalam air perasan jeruk nipis atau cuka. Biarkan sekitar 10-20 menit, cuci kembali ikan supaya saat dimasak tidak asam. Pilih masakan dengan bumbu pedas atau asam supaya amisnya makin tersamar.

Tips Cara Mencuci Ikan Laut Agar Tidak Bau Amis

Pedas bisa didapatkan dari lada, cabai atau jahe. Kalau asam bisa didapatkan dari tomat atau asam jawa. Pilih teknik masak menggoreng hingga kering dibandingkan dengan merebus, mengkukus atau membakar supaya amis makin tidak tampak. Aroma amis makanan laut mungkin muncul bila disimpan terlalu lama. Apalagi, makanan laut mempunyai batas ketahanan untuk segera diolah.

Tips Cara Mencuci Ikan Laut Agar Tidak Bau Amis

Walaupun tidak memakai bahan lain untuk mengurangi amis, proses pembersihan harus tetap dilakukan. Tujuannya untuk menghilangkan kotoran maupun bakteri yang menempel pada ikan. Kalau mau pakai jeruk nipis atau bahan lainnya, itu sebatas di bagian kepala. Ikan sudah lama jadi amis, biasanya muncul mulai dari kepalanya.

Ikan segar tidak berbau amis, tapi justru terasa manis. Jadi tidak usah pakai bahan lain, rasa aslinya malah hilang. Rasa amis ada karena ikan yang dibeli sudah lama makanya menimbulkan bau. Ikan yang baru ditangkap tidak akan amis.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply