Tips Minum Kopi dan Makin Sehat

0
T MauTips.com, Jakarta. Bagi pecinta kopi mungkin ada yang bertanya-tanya, mana yang lebih disuka: kopi dingin atau panas? Jawabannya menurut penelitian kopi yang diseduh panas lebih sehat karena memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi.

Penyebabnya adalah proses pembuatannya atau lebih sering disebut brewing. Kopi panas biasanya dibuat dengan simpel, yakni diseduh selama beberapa menit dengan air mendidih. Sementara kopi dingin atau cold brew, dibuat selamat 3 hingga 24 jam menggunakan air suhu ruangan. Kopi dikenal sebagai minuman nikmat pencegah rasa kantuk bagi sebagian besar orang. Kopi kini sudah menjadi salah satu minuman yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan. Terlepas dari itu semua sekarang banyak beredar kopi instan di pasaran. Seiring meningkatnya popularitas, orang-orang semakin penasaran tentang bahaya dan manfaat kopi lebih dari sekedar minuman. Senyawa kimia kafein yang sering dituding membawa manfaat sekaligus juga bahaya kopi. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat minum kopi baik untuk kesehatan.

1. Takaran wajar kopi
Takaran minum kopi yang wajar adalah 3-4 cangkir per hari. Satu cangkir kopi diperkirakan mengandung sekitar 100 miligram (mg) kafein. Konsumsi kafein kurang dari 500 mg per hari secara umum seharusnya aman untuk kesehatan. Namun bagi beberapa orang yang peka terhadap kafein.

2. Kopi panas vs kopi dingin
Bagi yang suka berdebat kopi panas versus kopi dingin, dari sisi kesehatan tampaknya peneliti sendiri belum bisa memberikan jawaban pasti. Kopi panas lebih sehat karena memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi. Penyebabnya adalah proses pembuatannya atau lebih sering disebut brewing.

3. Waktu minum kopi
Supaya kandungan kafein dalam kopi tidak menggangu jam tubuh yang bisa berdampak pada gangguan tidur, ada waktu-waktu tertentu yang disarankan ahli untuk mengonsumsi kopi. Kopi sebaiknya diminum satu jam setelah bangun tidur. Alasannya karena saat baru bangun tubuh sedang memproduksi hormon stres kortisol dalam jumlah tinggi.

4. Campuran kopi
Meski tidak ada salahnya mencampur kopi dengan bahan makanan lain seperti krimer atau susu tinggi lemak, namun sebaiknya hal itu dikurangi. Ini karena tambahan kopi tersebut bisa jadi sumber kalori ekstra yang berujung pada risiko diabetes hingga penyakit jantung.

Baca Juga: Bingung Mencari Perusahaan Untuk Memasang Panel Surya?

5. Gula kopi
Kalau suka mengonsumsi kopi manis, penambahan gula merah atau gula aren pada kopi bisa jadi pilihan lebih sehat dibandingkan gula pasir biasa. Kalori yang terkandung di dalam gula aren lebih kecil dibandingkan dengan gula putih. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply