Tips Memilih Alpukat Matang dan Siap Makan

0
T MauTips.com, Jakarta. Memilih buah alpukat matang memang tidak mudah. Tiap kali membeli buah alpukat kebanyakan belum matang dan masih keras.

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang nikmat dan sehat dimakan. Buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan kesehatan jantung, menyehatkan kulit, sampai membantu program kehamilan. Yang lebih sial adalah ketika Anda membelinya di pedagang dan sudah terasa empuk, namun ketika di rumah ternyata masih keras dan belum bisa dimakan. Atau sebaliknya, malahan sudah busuk ketika dibelah. Tidak perlu tekan-tekan bagian badan buahnya sudah empuk atau belum atau melihat kulitnya masih hijau atau sudah cokelat. Cara paling mudah untuk mengetahui alpukat yang matang adalah dengan melihat bagian pangkal yang berpotongan langsung dengan batang. Lihat saja bagian ujungnya apakah masih hijau atau sudah cokelat.

Tekan-tekan bagian situ dan kalau sudah empuk berarti sudah matang. Jika sudah terlanjur membeli alpukat yang belum matang, ada beberapa cara untuk mempercepat alpukat jadi masak. Biasanya, banyak orang ‘memeram’ alpukat dalam beras. Namun ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mematangkan alpukat.

Simpan di dalam paper bag (kantung kertas) setelah dibungkus dengan koran. Ini akan membantu alpukat cepat masak. Kalau kulitnya berubah menjadi cokelat itu bukan busuk tapi layu dan empuk. Selain itu juga disarankan untuk tak menyimpan buah alpukat yang sudah matang dalam lemari es.

Baca Juga: Tips Dari Kemenkes Bekerja di Kantor Saat New Normal Corona

Kalau sudah matang, alpukat harus segera dimakan, jangan disimpan di lemari es karena akan cepat rusak. Dibanding menyimpan alpukat dalam lemari es, sebaiknya simpan saja di meja makan dalam suhu ruang dan cepat dimakan atau diolah menjadi aneka hidangan sehat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply