Tips Menyimpan Daging Qurban Yang Benar Agar Tetap Terjaga Kualitasnya

0
T MauTips.com, Jakarta. Meningkatnya harga kebutuhan pokok, seperti daging sapi dan daging kambing sangat memberatkan masyarakat. Karena itu, perlu diupayakan kiat-kiat penting dalam menyimpan daging secara benar. Menjelang hari raya Qurban banyak masyarakat yang akan mendapatkan daging sapi dan daging kambing. Menjelang hari besar keagamaan, masyarakat biasanya mendapatkan daging yang cukup melimpah.

Berikut tips menyimpan daging secara benar perlu dilakukan agar nutrisi di dalam daging tidak hilang dan tetap terjaga kesegarannya.

Harus mengenali daging yang baik.
Sebelum menyimpan daging, ada baiknya masyarakat mengenali terlebih dahulu daging yang baik. Secara umum, daging yang sehat berwarna merah segar, tidak berlendir, dan memiliki bau khas daging.

Sebaiknya menyimpan daging dalam plastik food grade.
Sebelum dimasukkan ke kulkas, disarankan daging dipotong-potong sesuai takaran konsumsi. Daging sebaiknya dimasukkan ke dalam plastik transparan yang tergolong food grade.

Masukkan dan keluarkan daging secara bertahap.
Daging dimasukkan ke dalam kulkas secara bertahap, yaitu diletakkan di kulkas bagian refrigerator terlebih dahulu selama 24 jam. Kemudian, pindahkan daging ke dalam freezer. Hal ini untuk menghindari temperature shock yang dapat menyebabkan daging alot.

Pisahkan daging dan jeroan.
Karena jeroan lebih cepat rusak dibandingkan daging, sehingga disarankan untuk menyimpan di freezer yang berbeda.

Baca Juga: Daftar Makanan Sehat Untuk Lancarkan Pencernaan

Simpan daging dengan suhu yang tepat.
Daging yang disimpan di kulkas bagian refrigerator dapat bertahan 3-4 hari. Di dalam freezer pada temperatur di bawah -180C daging dapat bertahan hingga enam bulan dengan tidak terjadi perubahan dari sisi nutrien. Temperatur -180C, menyebabkan seluruh air di dalam daging membeku sehingga tidak dapat dimanfaatkan mikrobia untuk tumbuh. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply