Cara Mudah Klaim Asuransi Mobil Kebanjiran

0
C MauTips.com, Jakarta. Syarat utama kendaraan yang terendam banjir ditanggung asuransi adalah sang pemilik atau pemegang polis sudah memperluas jaminannya. Banjir besar yang kembali melanda DKI Jakarta dan sekitarnya pada 18-20 Februari 2021 membuat kendaraan yang rusak lebih banyak.

Karena kebanjiran pada dasarnya tidak ditanggung asuransi, namun untuk sebagian pemegang polis yang sudah memperluas jaminannya bisa mendapatkan fasilitas ganti rugi. Dua jenis asuransi umum untuk mobil, yakni komprehensif ataupun Total Loss Only (TLO), pada dasarnya tidak melindungi kendaraan yang kebanjiran secara langsung. Berdasarkan aturan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia, pada Bab II Pengecualian Pasal 3.3 menjelaskan, penyebab kerusakan kendaraan berupa banjir merupakan salah satu faktor yang tidak bisa diklaim asuransi. Cara agar kendaraan terlindungi asuransi dari banjir adalah sang pemilik memperluas jaminannya. Hanya ada beberapa perusahaan asuransi yang menerima klaim kerusakan kendaraan akibat banjir dan bencana alam lain. Patut diingat bahwa asuransi kategori All-Risk [segala risiko] belum tentu melingkupi kerusakan akibat banjir. Jika sang pemilik memiliki polis asuransi kendaraan yang sudah diperluas, maka kerusakan kendaraan yang kebanjiran kemungkinan dapat ditanggung.

Penentuan penanggungan risiko bakal diputuskan pihak asuransi setelah melakukan investigasi, sementara pemegang polis harus menyiapkan berbagai hal sebagai berikut.

1. Cek polis asuransi
Tidak semua asuransi kendaraan mencakup perluasan jaminan kerusakan seperti karena bencana alam, banjir, dan terorisme. Pastikan polis asuransi yang dimiliki disertai perluasan jaminan.

2. Laporkan
Lakukan pelaporan secepatnya kepada penyedia asuransi yang dimiliki. Ini bisa dilakukan secara online, telepon, atau mendatangi kantor cabang atau pusat layanan terdekat. Minta pihak asuransi melakukan survei langsung terhadap kendaraan yang rusak karena kebanjiran. Perlu diingat, jangan pernah menyalakan mesin kendaraan sebelum survey dilakukan agar klaim yang dilakukan bisa berhasil.

3. Ambil foto
Selagi menunggu kedatangan tim survei penyedia polis, Anda dianjurkan mengambil foto-foto sebagai bukti. Meski tidak diwajibkan, langkah itu akan memudahkan Anda dan penyedia layanan pada saat survei.

4. Minta survei
Selagi survei dilakukan, Anda perlu menyertakan dokumen identitas seperti SIM, serta mengisi dokumen pelengkap seperti laporan kejadian. Biasanya keterangan terdapat di polis yang Anda miliki.

Baca Juga: Cara Penanganan yang Tepat Setelah Mobil Terendam Banjir

5. Perbaikan di bengkel
Jika klaim dinyatakan berhasil maka perbaikan kendaraan Anda akan dilakukan oleh pihak penyedia polis. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply