Kenali Dulu Berbagai Versi Sepeda Brompton, Jangan Salah Pilih

0
K MauTips.com, Jakarta. Keunikan lain sepeda Brompton dibandingkan dengan kebanyakan sepeda lain, adalah bentuknya yang seragam. Artinya, rangka Brompton hanya dikenal dalam satu model.

Untuk mainframe, sepeda yang pertama kali dirancang oleh Andrew Ritchie di akhir dekade 70an ini memang hanya mengenal satu model. Namun bukan berarti pembeli tak bisa memilih varian sesuai kebutuhan mereka. Keunikan utama dari sepeda lipat tiga asal Inggris, Brompton adalah struktur rangka utamanya (main frame) yang dibuat dengan tangan (handmade). Di era Brompton modern sekarang ini, ada tiga versi Brompton, yakni Brompton klasik, Brompton elektrik, dan Brompton superlight.

1. Brompton klasik
Sesuai namanya, versi ini adalah varian yang pertama kali dibuat dan masih menjadi yang paling populer hingga hari ini. Dengan rangka utama yang seluruhnya menggunakan material steel, sepeda ini dapat dibuka dan dilipat dalam kisaran waktu 20 detik. Berat rata-rata sepeda ini -tergantung opsi aksesoris- sekitar 11 kilogram.

2. Brompton Elektrik
Brompton elektrik dirancang bersama dengan Williams Advanced Engineering -yang berpengalaman di dalam ajang Formula E. Penambahan beberapa komponen listrik memungkinkan sepeda ini melaju hingga kecepatan 24 kilometer per jam.

3. Brompton Superlight
Brompton Superlight menggabungkan mainframe steel dari versi klasik dengan beberapa bagian rangka titanium. Brompton mengganti komponen standar menggunakan bahan titanium agar sepeda menjadi lebih ringan.

Baca Juga: Tips Memilih Alpukat Matang dan Siap Makan

Komponen yang berbeda antara lain, garpu depan, rangka belakang, lightweight wheel set, rangka penyangga spakbor titanium, dan headset titanium. Kendati demikian, perbedaan bobot versi ini tak terpaut jauh dengan varian klasik. Selisih bobot antara keduanya hanya 0,74 kilogram. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply