Tips Atasi Ban Mobil Pecah, Ada Tekniknya

0
T MauTips.com, Jakarta. Saat menghadapi ban mobil pecah pada roda dan belakang memiliki penanganan yang berbeda. Namun tercatat ada beberapa hal yang menjadi perhatian besar, yakni agar tetap tenang, kurangi laju kendaraan secara perlahan, dan jangan melakukan manuver mendadak, dan nyalakan lampu hazard untuk mengkomunikasikan kepada pengendara lain.

Memasuki musim vakansi atau liburan tak jarang masyarakat memilih menggunakan kendaraan pribadi khususnya mobil untuk dijadikan alat moda transportasi menuju tempat destinasi. Guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan seperti ban pecah, ternyata ada teknik menghadapi ban mobil pecah roda depan dan belakang. Mobil pada saat diam bobotnya itu terdistribusi kepada empat roda yang ada, kemudian pada saat mobil bergerak ada distribusi shifting atau perpindahan bobot kepada roda belakang, semakin tinggi kecepatan maka bobot yang ada di roda depan akan bertumpu pada roda belakang, artinya roda depan daya cengkramnya kurang maksimal lagi.

Pertama, bagaimana menangani ban mobil pecah pada roda belakang. Kuncinya adalah memperhatikan situasi di sekitar dan mengurangi laju kendaraan secara perlahan. Saat melakukan perlambatan maka bobot kendaraan akan pindah ke depan, Namun lain lagi dengan penanganan ban pecah pada roda kemudi depan.

Jika sudah bisa menguasai diri hal yang harus dilakukan adalah pertahankan arah kendaraan dengan menahan kemudi. Kemudian melakukan pengurangan kecepatan laju kendaraan dengan bertahap. Berbeda dengan ban belakang, roda depan yang berfungsi sebagai kemudi mendapatkan perhatian lebih.

Soalnya gravitasi akan berpusat pada ban yang pecah, sehingga pengereman mendadak atau pun melakukan manuver yang tajam akan membahayakan keselamatan. Khusus untuk kasus seperti ini untuk tetap menjaga kecepatan namun dibarengi dengan perlambatan secara bertahap.

Baca Juga: Tips Menjaga Berat Badan saat Momen Liburan

Saat mengurangi kecepatan (perlambatan) halus usahakan melebar atau mengiris, tidak melakukan manuver yang tajam ke arah yang berlawanan. Misalnya ban kiri yang pecah ke kanan jangan tajam, seperti membentuk sudut yang landai, hingga akhirnya bisa menepi ke tempat yang aman. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply