Tips Memastikan Mobil Tetap Sehat saat #ParkirDiRumah

0
T MauTips.com, Jakarta. Masyarakat diimbau untuk tidak bepergian jika tidak mendesak dan tidak bisa menggunakan kendaraannya sementara waktu. Guna menekan penyebaran virus corona semakin masif, pemerintah Indonesia telah melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah kota.

Kendaraan pun akan lebih banyak menghabiskan waktu di garasi selama pandemi. Namun, meskipun kendaraan tidak terpakai, Anda harus tetap merawatnya secara berkala. Jangan sampai nanti ketika ingin menggunakannya kembali, ada komponen yang tidak berfungsi dengan baik atau bahkan rusak. Nah, untuk memudahkan Anda melakukan perawatan mobil di rumah, silakan simak tips berikut ini.

Cek tekanan ban
Tekanan angin pada ban kendaraan akan berangsur berkurang jika tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Penyebabnya, suhu udara dingin akan menyusutkan udara di dalam ban. Meskipun nampaknya terlihat sepele, tapi jangan biarkan ban mobil kempis terlalu lama. Efek jika ban terlalu lama dibiarkan kempis akan merusak dinding ban karena harus menopang bobot mobil.

Awas piringan rem karat
Selain mempengaruhi tekanan ban, mobil yang dibiarkan terlalu lama juga akan merusak komponen rem. Bagian piringan cakram dan kaliper pada rem akan berpotensi karat. Hasilnya, rem yang diinjak saat mobil digunakan di kemudian hari akan timbul bunyi gesekan. Oleh karena itu, selalu cek kondisi piringan rem mobil Anda dengan membersihkannya setiap saat.

Panaskan mobil untuk merawat aki
Salah satu bagian yang rentan rusak jika mobil tidak terpakai lama adalah aki. Masalah pada aki biasanya ditemukan saat tidak adanya siklus arus listrik untuk pengisian ulang. Pasalnya, saat mobil jarang dipakai aki rentan tekor. Namun, cara untuk mengatasi permasalahan ini cukup mudah. Anda harus memanaskan mobil minimal dua hari sekali agar ada suplai listrik baru pada aki.

Sterilkan kabin mobil
Selain bagian-bagian luar mobil, Anda juga wajib memperhatikan bagian kabin. Ozon ini memiliki efek sterilisasi paling efisien sehingga secara efektif digunakan untuk melawan bakteri dan virus. Selain itu, ozon juga bisa menghilangkan bau yang tidak sedap di tempat yang tidak diinginkan secara permanen.

Baca Juga: Tips Cegah Kacamata Berkabut Saat Pakai Masker

Manfaatkan layanan Home Service
Selama pandemi, tentu Anda tidak bisa pergi ke bengkel secara berkala karena adanya peraturan PSBB. Namun, Anda tidak perlu gusar karena saat ini ada layanan Home Service yang bisa dimanfaatkan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply