Tips Mengendarai Sepeda Motor Saat Hujan

0
T MauTips.com, Jakarta. Saat ini musim hujan telah tiba, supaya bepergian tetap aman dan nyaman selama musim hujan, berikutvtips berkendara yang aman saat hujan.

Saat hujan, genangan dan aliran air berpotensi membahayakan saat berkendara. Apabila tak berhati-hati, kendaraan dapat slip dan menjadi awal celaka. Berikut beberapa tips berkendara saat musim hujan agar berkendara lebih aman dan nyaman.

Memakai jas hujan
Bagi yang berkendara menggunakan motor, pakailah jas hujan. Supaya barang-barang tidak kehujanan. Disarankan untuk memakai jas hujan yang berbentuk baju dan celana. Karena lebih aman dan tidak ribet.

Memakai helm berkaca
Memakai helm berkaca saat hujan akan melindungi dari hantaman hujan, sebab sakitnya hantaman hujan akan mangganggu konsentrasi dalam mengemudi. Padahal saat hujan diperlukan konsentrasi yang ekstra.

Menyalakan lampu kendaraan
Menyalakan lampu kendaraan sangatlah penting. Sebab saat hujan, pandangan pengemudi akan terganggu oleh air. Sehingga menyalakan lampu kendaraan bisa membantu untuk tetap melihat jalan.

Memeriksa ban kendaraan
Memeriksa kedalaman alur ban secara rutin minimal seminggu sekali, kondisi tekanan ban yang cukup dan alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraan melayang di atas air dan tergelincir pada saat hujan. Jangan menggunakan ban yang sudah tipis

Memeriksa kondisi kontrol utama komponen kendaraan
Komponen kendaraan yang dimaksud yaitu kemudi, pedal rem, gas maupun kopling apakah sudah dalam kondisi baik dan berikan perawatan ekstra selama musim hujan untuk mengantisipasi keadaan darurat di jalan

Mengurangi kecepatan
Hujan membuat jalan menjadi licin. Maka dari itu, berhati-hatilah saat berkendara dengan mengurangi kecepatan kendaran. Supaya tidak jatuh tergelincir di jalan.

Menjaga jarak dengan kendaraan lain
Dikarenakan kondisi jalan licin, kamu harus mengambil jarak dengan kendaraan lain. supaya menghindari tabrakan dan kecelakaan. Karena kondisi jalan yang licin membuat kendaraan tidak bisa berhenti mendadak.

Jangan menerobos genangan air
Hujan menyebabkan lubang-lubang pada jalan menjadi tergenang. Jangan menerobos genangan air karena kamu tidak tahu berapa kedalaman lubang tersebut. Sehingga memungkinkan kendaraan akan terperosok ke lubang.

Baca Juga: Cara Mudah Mencegah Anak Rewel Selama Traveling

Jangan menyalakan mesin saat kendaraan mogok terjebak banjir
Sebab air masuk ke saluran pembuangan gas kendaraan. Jangan menghidupkan mesin kembali. Lebih baik didorong ke tempat yang aman, karena dikhawatirkan dapat terjadi korsleting. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply