Awas! Kebiasaan Ini Bisa Bikin Otak Jadi Lemot

0
A MauTips.com, Jakarta. Di era serba gigital seperti sekarang ini seringkali tiba-tiba kita merasa lamban dan lupa terhadap sesuatu yang biasa dilakukan. Padahal kita sudah berusaha maksimal untuk fokus dan mengerahkan kemampuan otak. Kondisi seperti itu bisa jadi bukan karena aktivitas kita seperti bekerja atau belajar. Melainkan kebiasaan buruk yang sering kita abaikan sehingga bisa menurunkan fungsi otak.

Berikut kebiasaan yang bisa bikin otak jadi lemot.

Rebahan Sepanjang Hari
Salah satu kebiasaan yang muncul selama pandemi adalah kebiasaan berbaring atau rebahan seharian tanpa melakukan aktivitas fisik. Tak terkecuali para siswa atau pelajar lain yang sering melakukannya. Hal ini jika dilakukan sesekali untuk mengistirahatkan fisik tidak menjadi persoalan, namun saat rebahan jadi kebiasaan, hal itu tidak akan baik buat otak.

Kurang Tidur
Tidak hanya rebahan, kebiasaan lain yang juga banyak dialami anak-anak di bawah usia 25 tahun sekarang adalah terjaga hingga larut malam. Jika kebiasaan ini dilakukan dalam waktu yang lama maka berpotensi buruk pada kesehatan mental.

Kekurangan Cairan
Cobalah untuk mulai membiasakan minum air dengan membawa tempat minum ke mana-mana agar tidak dehidrasi.

Mengonsumsi Makanan Tinggi Garam
Manusia akan kehilangan fungsi otak jika sering mengonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi. Studi terbaru ini menunjukkan bagaimana garam menyebabkan disfungsi kognitif.

Terlalu Banyak Konsumsi Gula
Selain makanan tinggi garam, kebiasaan lain yang harus dihindari adalah mengonsumsi terlalu banyak gula. Hal itu karena sel-sel otak bisa mengalami peradangan.

Tidak Pernah Sarapan
Kebiasaan tidak pernah sarapan ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Karena melewatkan sarapan dapat menyebabkan kadar gula darah menjadi rendah. Hal ini bisa berpengaruh pada fungsi otak. Bisa menyebabkan otak menjadi kurang responsif, dan sulit fokus.

Merokok
Banyak penelitian dan studi yang menunjukkan bahwa merokok dapat merusak fungsi otak. Terutama saraf di area otak yang mengatur keseimbangan, dan fungsi motorik. Maka dari itu, perlu untuk mulai meninggalkan kebiasaan merokok jika tak ingin merusak fungsi otak lebih jauh.

Menggunakan Headset/Earphone dengan Keras
Gangguan pendengaran ringan dikaitkan dengan kemungkinan demensia yang hampir dua kali lipat. Disarankan untuk menjaga jarak dari suara bising yang dapat merusak fungsi otak dalam jangka lama.

Tidak Memiliki Tujuan
Jika merasakan kurangnya tujuan, bantulah otak dengan menerima beberapa tanggung jawab baru. Temukan peluang baru dengan menggunakan waktu seperti menjelajahi proyek yang menarik, menjadi sukarelawan, atau bepergian.

Baca Juga: Tips Menekan Rasa Lapar Selama Diet

Stres
Tidak banyak yang tahu bahwa stres merupakan kondisi yang rentan karena bisa memicu kerusakan fungsi otak. Bahkan stres juga bisa membuat kemampuanmu untuk belajar dan mengingat menjadi sulit. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply