Cara Mudah Memotret Gerhana Bulan Total Pakai Smartphone

0
C MauTips.com, Jakarta. Saat gerhana, efek gravitasi bulan bertambah lantaran matahari, bumi dan bulan berada dalam satu garis. Datangnya Gerhana Bulan Total pada akhir Januari bersamaan dengan bulan pada jarak terdekat atau Supermoon, bakal berdampak pada pasang surut air laut. Purnama dan bulan baru memang menyebabkan pasang maksimum air laut. Sebab saat purnama, gravitasi bulan diperkuat matahari.

Terkait dampak gravitasi bulan, dalam kondisi normal atau purnama, pasang maksimum hanya berdampak pada limpasan air laut menjadi banjir pasang. Dalam momen seperti ini, kondisi yang perlu diwaspadai saat terjadi cuaca buruk di laut, sebab menimbulkan gelombang tinggi yang akhirnya memunculkan banjir rob ke daratan. Gerhana bulan total akan bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia pada 31 Januari 2018. Pada akhir bulan itu, bulan masuk dalam kategori purnama. Menariknya fenomena purnama ini merupakan yang kedua dalam sebulan. Purnama pertama pada Januari terjadi pada 1 Januari 2018.

Purnama kedua dalam siklus satu bulan biasa disebut Blue Moon. Momen gerhana bulan total nanti dengan kondisi Supermoon dan Blue Moon, menarik untuk diamati. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengabadikan gerhana bulan total tersebut. Memotret gerhana bulan total bakal optimal dengan menggunakan lensa panjang (tele). Bagi pengguna kamera DLSR, disarankan, minimum lensa tele yang digunakan yaitu 300 mm.

Baca Juga: Berbagai Macam Makanan yang Baik Bagi Penderita Kolesterol

Sementara untuk pengguna smartphone, menurutnya, masih bisa memotret optimal gerhana bulan tersebut. Agar maksimal hasilnya, smartphone dipadu dengan perangkat lain. Dalam perpaduan kamera smartphone atau poket dengan teropong, konsep fokus fotografi yang dipakai adalah afocal. Afocal yaitu dengan meletakkan dan menyejajarkan kamera dengan lensa okuler (eyepiece) yang terpasang pada teleskop. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply