Cara Mudah Menyiasati Kecanduan Bermain Media Sosial

0
C MauTips.com, Jakarta. Saat ini banyak orang yang setiap detiknya selalu mengecek sosial media dan tidak bisa jauh dari gadgetnya. Untuk menghindari kecanduan media sosial ada beberapa cara.

Kecanggihan teknologi semakin memudahkan sesorang untuk melakukan apa saja. Selain sebagai media untuk bertukar pesan informasi serta berkomunikasi antar penggunanya, ternyata dampak sosial media bisa membuat seseorang menjadi kecanduan bahkan menghabiskan banyak waktu untuk berpelesir ke dunia maya. Orang yang kecanduan media sosial tentunya sulit untuk merubah kebiasaan ini. Kamu juga bisa membatasi waktumu saat menggunakanmedia sosial agar tak terbuang sia-sia.

Biasakan untuk Tidak Mengecek Gadget Sebelum dan Sesudah Bangun Tidur
Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah untuk membiasakan dirimu agar tidak selalu mengecek gadget sebelum dan sesudah bangun tidur. Tanpa kamu sadari hal ini bisa menyita banyak waktu istirahatmu atau waktumu untuk memulai aktivitas esok harinya.

Batasi Waktu Membuka Media Sosial
Banyak sekali informasi menarik, unik, inspiratif, lucu dan lainnya yang bisa kamu temukan di media sosial. Hal tersebut pun membuat kamu menjadi lupa waktu hingga asyik bermain media sosial tanpa batasan waktu. Untuk mengatasi kecanduan terhadap media sosial, maka buatlah batasan waktu untuk bermain media sosial. Dengan begitu kamu dapat mengoptimalkan waktumu menjadi lebih bermakna dibandingkan harus berpelesir di dunia maya dan mengabaikan aktivitas pentingmu sesungguhnya.

Matikan Notifikasi Media Sosial
Banyak hal penting yang bisa kamu lakukan sehari-hari tanpa harus menunggu notifikasi di sosial media. Agar kegiatan sehari-harimu lebih produktif, maka kamu juga dapat mematikan notifikasi pada sosial mediamu agar tidak mengganggumu saat bekerja, belajar atau melakukan aktivitas lainnya. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih berkonsentrasi dalam menjalani aktivitas dan tidak selalu memandangi layar ponselmu setiap saat.

Jangan Menambah Tab Media Sosial saat Bekerja
Biasanya dalam bekerja seseorang akan mengalami jenuh bahkan stres, nggak jarang di antaranya berusaha untuk menghibur diri dengan membuka tab atau browser tambahan pada layar komputer di tempat kerjanya.

Baca Juga: Tips Sederhana Mempersiapkan Sahur Yang Sehat

Alih-alih ingin menghibur diri dengan scroling timeline di media sosial, justru kamu malah fokus dan mengabaikan pekerjaanmu sehingga pekerjaanmu menjadi tertunda dan tidak selesai tepat waktu. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply