Cara Mudah Membersihkan Jaket Kulit agar Tetap ‘Kinclong’

0
C MauTips.com, Jakarta. Meski tak perlu dicuci setiap hari, perawatannya membutuhkan trik-trik tertentu. Merawat jaket kulit atau produk-produk fesyen lain yang berbahan kulit bukan perkara mudah. Anda disarankan untuk berhati-hati saat mencuci jaket kulit. Salah cara membersihkan, permukaan kulit bisa rusak. Jaket kulit juga tak bisa dicuci dengan mesin cuci. Namun, Anda tak perlu khawatir.

Berikut beberapa trik yang bisa Anda ikuti untuk membersihkan jaket kulit.

1. Jika jaket kulit terlihat kusam
Tak perlu pusing, Anda cukup menggunakan sedikit sabun dan air untuk membuat jaket kulit terlihat berkilau kembali. Ambil kain lembut, tambahkan sedikit air dan sabun. Tak perlu direndam, cukup basahi saja kain tersebut.

2. Jika ada lecet pada jaket kulit
Cara terbaik untuk menghilangkan bekas lecet pada permukaan kulit adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Celupkan kain microfiber ke dalam sedikit minyak zaitun, dan usapkan dengan lembut pada bekas lecet. Diamkan selama 15-20 menit, lalu seka dengan kain bersih kering.

3. Jika ada noda pada jaket kulit
Meski bahan kulit tak terlalu rentan terhadap noda, tak ada salahnya untuk berhati-hati. Jaket kulit bisa saja terkena coretan tinta atau cat yang sulit hilang. Cara terbaik untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan cairan alkohol. Bubuhkan sedikit alkohol pada kain bersih dan gosok perlahan ke area yang terkena noda dengan gerakan memutar hingga noda menghilang.

4. Cara merapikan jaket kulit yang kusut
Lipatan atau kerutan pada busana yang dipakai bisa sangat mengganggu penampilan. Untuk jaket kulit, ada cara untuk merapikannya dari lipatan dan kerutan. Caranya mudah, siapkan setrika dan kertas cokelat atau kain bersih yang tidak berbulu. Panaskan setrika. Taruh kertas cokelat atau kain bersih yang tidak berbulu di atas area yang kusut.

Baca Juga: Tips Agar Tak Tiba-tiba Ditambahkan ke Grup Whatsapp

Gosok area kulit kusut yang telah tertutupi kertas atau kain dengan setrika. Gosok dengan gerakan melingkar, yang akan membantu melonggarkan kulit dan menghilangkan kerutan. Pastikan agar setrika tetap bergerak dan tidak diam di satu bagian terlalu lama. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply