Penyebab Kepala Botak Rambut Rontok

0
Hilangnya rambut yang berlebihan dapat disebabkan oleh berbagai masalah seperti kesehatan, kurang gizi, dan perawatan medis. Penyebab kepala botak karena kesehatan termasuk gangguan kekebalan tubuh seperti alopecia areata, diabetes, gangguan tiroid, serta masalah peredaran darah seperti arteriosklerosis. Kebotakan juga dapat terjadi karena perawatan medis seperti kemoterapi untuk kanker.

Kurang gizi ketika berdiet juga penyebab kepala botak. Hal lain yang sering diabaikan yang juga merupakan penyebab kepala botak adalah stres. Pertumbuhan rambut yang sudah tidak terjadi lagi sehingga menjadi kebotakan seringkali membuat laki-laki takut, sebab akan menurunkan kepercayaan dirinya.

Stres dapat menyebabkan kebotakan dialami laki-laki pada usia muda. Tingkat stres masyarakat perkotaan saat ini yang cukup tinggi membuat semakin besar juga jumlah laki-laki di usia muda yang mengalami kebotakan.

Nutrisi sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Hubungan antara makanan dan rambut cukup sederhana. Rambut terdiri dari protein yang disebut keratin, sehingga sangat penting menyertakan protein yang cukup dalam menu makan sehari-hari. Nikotin yang dikandung oleh rokok diketahui dapat mempersempit pembuluh darah, sehingga mengurangi pertumbuhan rambut dan mengurangi nutrisi untuk rambut.

Penyebab Kepala Botak Rambut Rontok

Stress yang terlalu tinggi sehingga kulit kepala menjadi panas dan rambut menjadi mudah rontok. Hal lainnya adalah karena masalah penggunaan obat dalam jangka waktu yang lama. Tanda awal kebotakan adalah mulai kehilangan rambut di area atas jidat yakni garis rambut surut yang datang bersama rambut rontok.

Kehilangan rambut ketika menyisir dam kehilangan rambut itu terjadi setiap hari. Hal yang paling menakutkan bagi sebagian besar orang adalah terjadinya kebotakan secara permanen. Sebelum semua terlambat maka saran yang paling penting adalah jaga tingkat stress pada level dimana masih bisa menikmati kehidupan dengan riang.

Penyebab Kepala Botak Rambut Rontok

image source: http://caraterbarumengatasi.files.wordpress.com

Jangan sering makanan yang mengandung pengawet seperti junk food dan makanan maupun minuman kaleng. Tingkatkan olahraga aerobic dengan frekuensi yang rutin dan tidak berat, tidur yang cukup dan lakukan treatment perawatan rambut kepala dengan memilih paket maksimal treatment. Ketika pria bertambah usia, rambut tampak semakin tipis.

Sejumlah pria malah ada yang mengalami penipisan rambut sebelum waktunya. Ilmuwan sudah menemukan penyebab kebotakan pria. Dari penemuan itu bisa diharapkan pengobatan yang bisa menghentikan atau bahkan mengembalikan rambut yang menipis. Sebagian besar pria mengalami kebotakan pada usia paruh baya.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply