10 Profesi untuk Fresh Graduate dengan Gaji Tinggi, Heboh Gaji 8 Juta!

0
10 MauTips.com, Jakarta. Masalah penghasilan menjadi isu sensitif di kalangan para profesional. Namun untuk mereka yang baru memulai kerja, mencari ilmu dan pengalaman umumnya lebih diutamakan dari pada gaji besar. Belakangan sedang viral postingan seorang fresh graduate yang mengaku lulusan UI dan mengeluhkan penawaran gaji Rp 8 juta.

Curhatan itu menghebohkan netizen karena dianggap terlalu menyombongkan almamater. Kisaran gaji fresh graduate di 2019 pun ikut jadi perbincangan. Berdasarkan sejumlah riset, biasanya pekerja yang baru masuk dunia profesional menerima gaji sekitar UMR. Meski begitu, tak menutup kemungkinan pula jika fresh graduate menerima penghasilan jauh dari standar UMR (Upah Minimum Regional) karena kemampuan, jenis profesi, dan perusahaan yang mempekerjakan. Semua orang tentu mengidamkan gaji yang tinggi, tak kecuali untuk para fresh graduate meski penghasilan besar biasanya didapat seiring dengan pengalaman dan jam terbang.

Sebenarnya bukan tidak mungkin seorang pemula yang baru lulus dari universitas langsung menerima gaji tinggi. Sejumlah profesi ‘kekinian’ yang butuh kemampuan khusus pun bisa mendatangkan gaji mencapai atau lebih dari Rp 8 juta. Sebuah riset dilakukan Glassdoor terkait pekerjaan yang mendatangkan banyak penghasilan.

Pada profesi-profesi itu, gaji tinggi bahkan bisa langsung didapatkan mereka yang baru lulus kuliah. Berdasarkan studi, data scientist menempati urutan pertama sebagai pekerjaan bergaji tinggi untuk fresh graduate. Dikatakan jika mereka bisa menerima gaji lebih dari pada analis investasi banking muda di Wall Street.

Data-scientist pun dibutuhkan dalam berbagai industri, mulai dari e-commerce hingga perusahaan modal ventrura. Data scientist sendiri umumnya bertanggung jawab dalam mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data untuk menghasilkan informasi sebagai bahan pengambilan keputusan perusahaan.

Berdasarkan riset Glassdoor, rata-rata gaji fresh graduate Amerika Serikat yang $95 ribu atau sekitar Rp 1,3 miliaran per tahun. Di Indonesia sendiri, dilaporkan jika pemula kerja di profesi ini bisa menerima Rp 12-15 juta per bulan. Sedangkan mereka yang sudah punya pengalaman bisa mendapat Rp 20 juta.

Baca Juga: Tips Jaga Rumah Tetap Bersih dan Sehat Lewat Hal Mudah

Selain data scientist, berikut 10 besar profesi dengan gaji tertinggi untuk fresh graduate.
1. Data Scientist
2. Software Engineer
3. Product Manager
4. Investment Banking Analyst
5. Product Designer
6. UX Designer
7. Implementation Consultant
8. Java Developer
9. Systems Engineer
10. Software Developer. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply