Akhir Bulan Tidak Sekarat Lakukan 3 Cara Ini

0
A MauTips.com, Jakarta. Sebagai seorang wanita sebaiknya belajar mengatur keuangan yang baik. Salah satu cara mengatur keuangan adalah dengan rutin menabung. Belum lama menerima gaji, tabungan sudah menipis. Menjelang tengah bulan keuangan makin tipis. Jika sering mengalami hal ini sebaiknya coba kembali menilik kembali keuangan kita. Sudah benarkah kita dalam mengatur keuangan, atau justru sebaliknya?

Meskipun sulit, jika terbiasa maka akan lebih mudah bagi kita. Berikut tips menabung agar akhir bulan tidak sekarat.

Mulai dengan Bertahap
Hindari menabung dalam jumlah yang besar. Mulai bertahap. Sebaiknya menabung dimulai dari 10% gaji yang diterima setiap bulannya. Dan hal ini bertahap setiap tahunnya, seiring dengan kenaikan gaji yang diterima.

Jangan Lupa Dana Darurat
Agar terhindar hal yang tidak diinginkan di masa depan, mulailah menabung untuk dana darurat. Simpan dana darurat dengan jumlah yang besar. Dana ini digunakan untuk melindungi keuangan utama. Misalnya saat sakit, terkena PHK dan kejadian di luar rencana. Hindari menggunakan dana darurat untuk bersenang-senang.

Baca Juga: Cara Mengetahui Kebenaran Informasi di Media Sosial Hati-Hati Hoax!  

Miliki Lebih dari Satu Tabungan
Ada istilah jangan menyimpan telur dalam satu keranjang. Hal ini juga berlaku saat membuat tabungan. Buat tabungan lebih dari satu, hal ini membantu dalam memisahkan kebutuhan yang diperlukan. Jika perlu buat tabungan khusus untuk menabung.

Demikian beberapa hal yang dapat dilakukan agar terhindar dari sekarat di akhir bulan. Dan yang terpenting adalah konsisten dalam menabung. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply