Beberapa Cara Minta Naik Gaji ke Atasan

2
Setiap tahun sudah lumrah bagi seorang karyawan mendapat kenaikan gaji. Kenaikan gaji tiap tahun biasanya disesuaikan dengan kondisi keuangan perusahaan dan hasil penilaian kinerja karyawan tersebut. Selain kenaikan gaji tiap tahun ternyata sebenarnya juga berhak mendapat kenaikan gaji atas prestasi yang diraih secara pribadi.

Walaupun berhak namun ternyata tidak banyak karyawan yang berani untuk meminta kenaikan gaji. Alasan tidak beraninya menanyakan kenaikan gaji karena mereka merasa tidak nyaman minta naik gaji dan juga takut akan dinilai kurang baik oleh atasan.

Ketika bekerja selama 10 tahun di posisi sama, dan pegawai baru yang potensial sehingga perlu ada penyesuaian gaji. Bicara soal gaji dan uang dapat menjadi masalah. Apalagi negosiasi gaji juga merupakan seni.

Ada beberapa tips untuk membantu negosiasi gaji. Jadwalkan pertemuan dengan atasan. Bawa hasil temuan tentang rata-rata gaji posisi saat ini dan bawa data tersebut jika hal itu akan mendukung. Kita dapat menceritakan contoh spesifik yang menggambarkan kontribusi untuk meningkatkan aset perusahaan. Dalam metode negosiasi ada yang membuat istilah Tandem Anchoring.

Beberapa Cara Minta Naik Gaji ke Atasan

Kisaran angka terendah harus menjadi target harapan gaji dan kisaran angka yang tinggi harus menjadi target ambisius untuk gajinya. Hindari Kata-kata dan frase tertentu, Para ahli negosiasi memperingatkan kata-kata dan frase tertentu dalam percakapan bisa menjadi menghambat skenario negosiasi. Banyak yang menekankan kepercayaan diri yang penting, dan menghindari kata-kata keraguan termasuk Saya pikir, dan mungkin. Pada saat sama, penting untuk tidak terlalu agresif. Jangan takut bilang Tidak. Bagi banyak orang, negosiasi gaji adalah pembicaraan penuh dengan intimidasi. Karena itu banyak yang ingin segera menyelesaikan negosiasi.

Beberapa Cara Minta Naik Gaji ke Atasan

Jika tawaran pertama ditolak, segera tenangkan diri dan pulihkan kepercayaan diri, kemudian kembali bernegosiasi. Jangan mengatakan Tidak, demikian pula jika seorang pengusaha mengusulkan angka yang lebih rendah dari apa yang kita inginkan, jangan langsung pergi darinya. Sebaliknya tawar kembali dengan dengan penuh rasa hormat. Jangan bandingkan dengan perusahaan lain. Sebuah kata mutiara mengatakan,

Baca Juga: Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

Jangan membawa orang lain untuk membuat pacar cemburu mungkin ada benarnya. Dengan menggunakan orang lain sebagai pembanding cenderung menghasilkan dendam atau argumen jelek dari pada buket bunga segar. Hal itu sama ketika melakukan negosiasi gaji dan membandingkannya dengan perusahaan lain.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

2 Comments

  1. Artikel yang penuh inspirasi, dapat segera di coba. terima kasih admin untuk sharing informasinya.
    Mungkin bisa bermanfaat untuk yg lain “Cara Negosiasi Gaji Saat Interview” silahkan kunjungi.

    Salam.

Leave A Reply