Beberapa Tips Sukses Hadapi Wawancara Kerja

0
Pasar kerja kini sangat kompetitif di mana banyak orang mulai merasa kesulitan hanya untuk berjuang memperebutkan satu pekerjaan saja. Artinya para pencari kerja harus mampu menemukan dan memanfaatkan berbagai kemampuan yang dapat mendorongnya unggul dibandingkan pelamar kerja lain. Meski memang rasa bosan seringkali muncul saat sedang mencari kerja.

Jangan hanya melamar pada satu lowongan pekerjaan dan menunggu. Kirimkan surat lamaran pekerjaan sebanyak-banyaknya dan manfaatkan berbagai peluang kerja yang tersedia. Hal ini dapat memberikan peluang dan membuat proses pencarian kerja menjadi semakin mudah.

Buat CV yang menarik dengan menjual berbagai kemampuan dan keahlian yang dimiliki, bergabunglah dengan banyak organisasi dan ikuti program magang yang memungkinkan.

Dalam wawancara kerja, keunikan dan perbedaan dapat menjadi hal yang sangat positif dan berubah menjadi nilai jual yang luar biasa. Kepercayaan diri merupakan salah satu faktor pendukung suksesnya wawancara kerja. Kepercayaan diri juga dapat menjadi kesalahan jika menunjukkannya dengan tingkat sangat tinggi. Kesuksesan pelamar kerja saat diwawancara tergantung pada tipe dan level kepercayaan dirinya.

Beberapa Tips Sukses Hadapi Wawancara Kerja

Wawancara kerja menjadi terasa rumit bukan karena tidak tahu persiapan, tetapi karena tahu terlalu banyak yang harus disiapkan. Sebelum terjebak dalam pertanyaan wawancara dan persiapan tak berujung, pastikan mempunyai 5 hal yang harus dilakukan sebelum prosesi wawancara berlangsung.
1. Selidiki perusahaan tersebut
Ketahui sejarah perusahaan, termasuk misi dan pendiri perusahaan, dan berita terbaru tentang perusahaan tersebut. Mulailah dengan situs web perusahaan, profil organisasi, dan kemudian lakukan pencarian melalui Google News, dan juga lihatlah profil media sosialnya.
2. Selidiki peran Anda
Lihat job tiltle dan cari tahu apa tanggung jawab dari posisi tersebut. Pikirkan tentang pengalaman Anda, dan apakah hal itu akan cocok. Lihat survei gaji untuk menentukan kisaran gaji posisi yang akan dijalani.

Beberapa Tips Sukses Hadapi Wawancara Kerja

3. Kenali orang penting di perusahaan
Jika memungkinkan memintalah nama orang yang akan mewancarai anda, sehingga dapat melihat mereka di LinkedIn sebelum sesi wawancara berlangsung.
4. Menjawab pertanyaan .
Hindari memberikan jawaban yang biasa saja untuk pertanyaan wawancara. Berkonsentrasilah pada hal yang menunjukkan bagaimana keterampilan Anda, pengalaman, dan gairah dapat membantu perusahaan mengatasi masalah.

Baca Juga: Alasan Mengapa Jus Buah Tidak Selalu Sehat

5. Bahasa tubuh percaya diri
Duduklah dengan tegak, buatlah kontak mata senyaman mungkin, dan berjabat tangan dengan tegas. Bayangkan Anda adalah orang yang layak untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply