Cara Bijak Memilih Premi Asuransi Jiwa Berdasarkan Manfaatnya

0
C MauTips.com, Jakarta. Asuransi jiwa merupakan salah satu produk asuransi yang paling banyak diminati. Sebab, asuransi jiwa bisa memberikan manfaat yang besar terhadap jiwa pihak tertanggung. Bantuan berupa santunan kematian akan membantu para keluarga yang ditinggalkan agar tidak merasa terbebani. Namun, sebelum membeli asuransi jiwa, Anda perlu memilih premi dengan bijak. Sebab, berbeda premi berbeda pula besaran manfaat yang diberikan saat proses klaim. Berikut ini beberapa cara bijak yang bisa Anda lakukan.

Pahami manfaat apa saja yang ditawarkan
Untuk mendapatkan asuransi dengan manfaat terbaik, Anda perlu memahami lebih dulu manfaat apa saja yang ditawarkan. Pahami secara detail apa saja klausul kejadian yang bisa mendukung proses klaim asuransi dikemudian hari. Selain itu, pahami juga hal-hal apa sajakah yang dapat membatalkan proses klaim asuransi tersebut nantinya. Cara ini bertujuan agar Anda bisa memilih jenis asuransi jiwa yang tepat dan sesuai kebutuhan Anda.

Perhatikan siapa yang paling membutuhkan
Saat mencari asuransi jiwa, baik itu asuransi perlindungan jiwa syariah maupun konvensional, Anda perlu memperhatikan siapa pihak tertanggung yang akan dilindungi oleh asuransi tersebut. Usahakan untuk memberikan asuransi jiwa kepada sumber pendapatan keuangan keluarga Anda yang paling utama. Jika ayah dan ibu sama-sama bekerja, maka usahakan untuk memberikan proteksi pada salah satu dengan penghasilan yang paling besar atau keduanya. Sebab, saat hal yang tidak diinginkan terjadi, pihak keluarga dapat melakukan proses klaim dan uang manfaat kematian bisa berguna untuk menutupi kehilangan atas sumber penghasilan utama keluarga.

Baca Juga: Tips Kelola THR Agar Tak Gigit Jari Usai Perayaan Lebaran

Perhitungkan premi dengan pendapatan
Selain memperhatikan manfaat, Anda juga perlu memperhatikan premi yang tepat sebelum membeli asuransi jiwa. Perhitungkan apakah jenis asuransi yang Anda pilih telah sesuai preminya dengan pendapatan yang Anda hasilkan setiap bulannya. Perhitungkan juga apakah Anda dan keluarga membutuhkan asuransi kesehatan untuk melengkapi asuransi jiwa tersebut. Sebab, Anda bisa mendapatkan premi asuransi kesehatan Generali dengan harga yang relatif terjangkau dan manfaat yang begitu besar. Sehingga, Anda dan keluarga bisa terlindungi secara finansial dari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply