Payment Gateway, Pengertian, Manfaat, Cara Kerja dan Keuntungannya

0
P MauTips.com, Jakarta. Dengan adanya teknologi yang berkembang pesat saat ini telah mengubah gaya hidup dan model bisnis. Transaksi jual beli melalui toko, ruko, atau mal dirasa sudah kurang praktis lagi. Bahkan, kecenderungan saat ini orang ke mal hanya untuk menghabiskan weekend atau sekadar cuci mata.

Sementara untuk transaksi barang, mereka sudah mulai melirik layanan online. Jual beli online (ecommerce) disukai karena kemudahan yang diberikan dalam membandingkan banyak produk dan pilihan produk yang sangat banyak. Bahkan, beberapa produk yang dijual secara online sulit dijumpai di mal atau tempat belanja lain. Perubahan pola bisnis ini telah membuka peluang bagi banyak orang untuk menjalankan bisnis secara online. Ada banyak model bisnis online yang bisa dilakukan. Mulai dari membuka toko online sendiri atau sekadar menjadi perantara (broker), reseller, sampai drophshipper. Perubahan dari pola bisnis inilah yang telah memperbesar peluang sehingga ada semakin banyak orang yang berniat dan menjalankan bisnis mereka secara online. Jika Anda memutuskan untuk membuka toko online sendiri, satu hal yang harus dipikirkan, selain variasi produk adalah kemudahan dalam proses pembayaran.

Saat ini banyak ditawarkan sistem pembayaran canggih dengan nama payment gateway. Payment Gateway adalah gerbang atau medium transaksi yang disediakan oleh sebuah layanan aplikasi e-commerce yang bisa memberi otorisasi pemprosesan kartu kredit maupun pembayaran langsung bagi kliennya dalam aktivitas bisnis elektronik/online. Payment Gateway Indonesia bisa mempermudah pebisnis sekaligus kliennya dalam bertransaksi.

Jika Anda sudah memutuskan untuk buka online shop sendiri, satu hal yang wajib dipertimbangkan, selain variasi produk yang Anda tawarkan, Anda juga perlu kemudahan dalam proses pembayaran atau transaksinya nanti. Di sinilah peranan Payment Indonesia berjalan. Inilah mengapa teknologi dari metode pembayaran satu ini dikembangkan. Seiring perkembangan pesat situs-situs berbelanja, peranan penting payment gateway sudah difungsikan di mana-mana.

Payment gateway merupakan layanan yang memproses perizinan kartu kredit atau umum disebut sebagai transaksi online semacam transfer bank yang terjadi di antara pedagang dan pembeli. Layanan ini bisa sangat membantu Anda sebagai pebisnis dalam menerima pembayaran (biasanya berupa dana yang dikirim ke rekening Anda. Walaupun ada juga yang dengan mata uang digital Bitcoin ) atau sebaliknya, dari Anda ke orang lainnya. Transaksi ini akan diproses secara aman dan aktual atau real-time.

Berikut adalah cara kerja proses yang umumnya terjadi pada payment gateway di situs e-commerce atau toko online.

Calon customer toko online mengunjungi website, melihat produk dan akhirnya memutuskan untuk membelinya menurut info yang disampaikan oleh koneksi sumber dari payment gateway. Kemudian payment gateway akan lanjutkan info itu ke payment processor dari bank Anda.

Payment processor melanjutkan lagi info transaksinya ke asosiasi penerbit kartu yang dipakai. Pada tahap berikutnya, bank terkait akan mendapat permintaan itu dan mengirimkan balasannya ke processor dengan menggunakan kode khusus sekaligus memberikan konfirmasi apakah transaksi itu dinyatakan berhasil ataukah gagal. Terakhir, payment processor akan mengirim pesan tersebut ke payment gateway yang nantinya akan dilanjutkan kembali ke website/situs Anda serta si pemegang kartu hingga transaksi bisa dinyatakan berhasil.

Baca Juga: Memilih Tempat Try Out Aman di tryout.id Agar Tepat Sasaran

Dengan payment gateway, pembayaran dapat dilakukan dengan mudah karena sudah menggunakan sistem digital. Sehingga memungkinkan semua yang terkoneksi dengan internet bisa terhubung dengan layanan payment gateway.(Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply