Solusi Kenaikan Gaji Lebih Kecil Dari Kenaikan Biaya Pendidikan

0
S MauTips.com, Jakarta. Rata-rata kenaikan biaya pendidikan mencapai 10 persen per tahun. Beban orangtua makin bertambah berat karena kenaikan pendapatan atau gaji kerapkali tidak bisa mengimbangi peningkatan biaya pendidikan. Salah satu kewajiban utama orang tua adalah membekali anak-anaknya dengan pendidikan terbaik sebagai modal penting di masa depan.

Guna meningkatkan kompetensi anak butuh sekolah dengan biaya yang tidak murah. Maka dari itu, para orangtua harus pintar-pintar menyisihkan penghasilan untuk ditabung atau simpan. Meski dalam kondisi demikian, menabung saja bukanlah jalan keluar yang efektif. Bunga tabungan reguler yang ditawarkan perbankan tak tergolong tinggi, yaitu rata-rata hanya berkisar 1-2 persen. Artinya, keuntungan jangka panjang tidak bisa diraih lewat menabung saja.

Sebagian dana lebih baik dialihkan untuk investasi. Karena ini adalah investasi untuk biaya pendidikan anak maka pilih portofolio yang aman, berisiko rendah, dan menguntungkan, Deposito adalah salah satunya. Deposito aman karena negara melalui badan keuangannya atau Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah menjamin keberadaan dana nasabah portofolio investasi ini.

Adapun dana maksimal nasabah deposito yang dijamin LPS sebesar Rp 2 miliar. Bunga deposito bisa tiga kali lipat lebih tinggi dari bunga tabungan reguler di bank. Nah, soal pembuatan dan mengecek deposito pun sudah tak serumit seperti dahulu yang mengharuskan nasabah ke bank.

Saat ini, sudah ada beberapa produk deposito yang menawarkan kemudahan membuat dan mengakses melalui smartphone atau ponsel pintar. Agar mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya deposito dikombinasikan dengan usaha lain. Contohnya, orangtua mesti pintar mengalihkan dana dari rejeki dadakan.

Baca Juga: Cara Mudah Menikmati Gaya Hidup Tanpa Menguras Isi Dompet

Ketika mendapatkan bonus dari kantor, misalnya, segeralah untuk diamankan, ditabung atau diinvestasikan. Dengan begitu, orangtua bisa mempersiapkan tabungan biaya pendidikan anak dengan aman dan menguntungkan. Kenaikan gaji karyawan yang lebih kecil dari kenaikan biaya pendidikan bukan lagi jadi masalah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply