Tips Belanja Online Tanpa Takut Dibayangi Fobia Online

0
T MauTips.com, Jakarta. Saat ini menjual barang bisa dilakukan melalui internet. Berbagai macam barang bisa kita dapatkan secara online. Dengan adanya toko online, penjual dan pembeli bisa melakukan transaksi tanpa harus bertatap muka secara langsung. Namun apa yang terlihat di internet, memang kadang tak lebih bagus di dunia nyata.

Setidaknya hal inilah yang kerap terjadi saat belanja online. Alih-alih mendapatkan barang yang sesuai dengan gambar, pesanan yang didapatkan justru berakhir dengan kekecewaan. Hal ini belum lagi ditambah pelayanan yang buruk dari penjual, hingga akhirnya menyebabkan proses pengembaliannya sulit dilakukan. Gara-gara pengalaman belanja online yang buruk ini juga, tak sedikit orang yang akhirnya takut untuk belanja online kembali.

Nah, untuk mengantisipasi Fobia Belanja Online alias #FOBO, ada baiknya mencoba menerapkan tips belanja online berikut.

Ketahui Rekam Jejak Online Shop
Sebelum benar-benar membeli barang, ada baiknya memeriksa dulu rekam jejak online shop. Terlebih jika online shop tersebut kurang populer. Manfaatkan nomor kontak yang tersedia untuk memastikan kebenaran dari online shop tersebut. Selain pertimbangkan untuk mengetahui rekam jejaknya lewat ulasan blog, hingga testimoni pembeli.

Pahami Betul Kebijakan yang Tersedia
Jika online shop tersebut legal, maka dalam situsnya akan disertakan kebijakan yang tersedia. Kebijakan ini dapat dipahami, termasuk untuk mengetahui apakah ada jaminan pembeli, pengiriman paket, hingga ganti rugi bilamana barang yang dikirim tak sesuai dengan visual yang dipajang.

Jangan Cepat Tergoda Diskon
Salah satu daya tarik utama online shop adalah banyaknya diskon yang dihadirkan. Namun, di balik promo menggiurkan tersebut, harusnya dibangun kewaspadaan, agar lebih berhati-hati sebelum membeli barang di sana. Online shop yang dipercaya biasanya akan melangsungkan transaksi sesuai prosedur yang di jelas pada aplikasi yang tersedia.

Baca Juga: Tips Puasa Tetap Lancar Selama Traveling atau Bepergian Jauh!

Pilih yang Bisa Coba Dulu Baru Bayar
Boleh dibilang hanya ada satu dari 1000 online shop yang menyediakan fasilitas ini. Terbayang, bagaimana serunya jika bisa mencoba dulu baru bayar kemudian, sehingga terasa seperti belanja di mal atau department store. Sekalipun tak banyak, faktanya di Indonesia memang ada online shop dengan fitur ini, yaitu Salestock.com. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply